Jadi Tersangka-Ditahan, Doni Salmanan Rupanya Raup Keuntungan 80% Dari Kekalahan Membernya di Quotex, Begini Modusnya

Infomenia.net -  Influencer Doni Salmanan telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan trading binary option melalui platf...


Infomenia.net - 
Influencer Doni Salmanan telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan trading binary option melalui platform Quotex pada Selasa (8/3). Penyidik Bareskrim Polri bahkan langsung menahan Doni.  

"Setelah dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka, malam ini juga atau setelah ini, saudara DS dilakukan penahanan," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.  

Menurut Ramadhan, ada alasan subjektif dan objektif terkait penahanan Doni. Alasan subjektifnya, yang bersangkutan dikhawatirkan melarikan diri, dikhawatirkan melakukan perbuatan kembali, dan dikhawatirkan menghilangkan barang bukti.  

"Tentu alasan objektifnya adalah saya katakan tadi, ancaman di atas 5 tahun, dimana ancaman TPPU-nya (Tindak Pidana Pencucian Uang) adalah 20 tahun," papar Ramadhan.  

Doni ditetapkan sebagai tersangka usai dilakukan pemeriksaan selama 13 jam dan penyidik melakukan gelar perkara. Atas perbuatannya, Doni diancam pasal berlapis dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.    

"Tentu, ini melihat sangkaannya terhadap yang bersangkutan. Yang bersangkutan dijerat dengan beberapa pasal secara berlapis, ada UU ITE, ada KUHP, dan ada UU tindak pidana pemberantasan pencucian uang atau TPPU dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara," tukasnya.  

Sementara itu, Kasubdit I Dittipid Siber Bareskrim Polri, Kombes Reinhard Hutagaol, mengungkapkan bahwa Doni mendapat keuntungan sekitar 80 persen dari kekalahan para membernya. "80 (persen) dari kekalahan (member Quotex)," ungkap Reinhard, Selasa (8/3).  

Melihat jumlah anggota di grup Telegram-nya, member Doni diperkirakan mencapai 25 ribu anggota. Doni mendapat keuntungan dari mereka yang menggunakan referral-nya namun kalah atau merugi di Quotex.  

"Kalau di Telegram ada 25 ribu anggota. Itu bisa indikasi (aktif) karena 25 ribu artinya yang ikut referral sama dia. Karena ikut sama dia pasti gabung Telegram itu," ujarnya  

Menurut Reinhard, para member yang bergabung di Quotex tersebut tidak pernah ada yang menang. Sehingga Doni diduga menjebak para membernya.  

"Dia kan memberikan berita bohong bahwa mainlah dengan saya, terus dari video-video ya itu sebenarnya menjebak orang supaya main dan pada kenyataannya enggak ada yang pernah menang," pungkasnya. (wowkeren.com)