Bisnisnya Ramai Disorot Gegara Pencucian Uang, Kaesang Blak-blakan: Harus Akui Jujur, Kita Gunakan…

Infomenia.net -  Isu dugaan korupsi yang menyeret dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan adiknya Kaesang Pangare...


Infomenia.net - 
Isu dugaan korupsi yang menyeret dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan adiknya Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan publik, setelah dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun melaporkan kasus dugaan pencucian uang yang menyeret bisnis kedua kakak beradik itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi pekan lalu. 

Jauh sebelum kasus ini dilaporkan ke KPK, Kaesang pernah berbicara terang - terangan mengenai bisnisnya itu ketika tampil di kanal Youtube Podcast Deddy Corbuzier. Dalam wawancara itu, Kaesang mengakui, bahwa untuk memuluskan bisnisnya itu, dirinya memang menggunakan hak istimewa sebagai anak presiden. Namun kata, dia previlege tersebut tidak sama sekali dipakai untuk tindak korupsi. 

“Harus aku ngakuin jujur, kita gunakan privilege kita semaksimal mungkin, tapi tanggung jawab, jangan privilege itu buat korupsi. Itu ya enggak boleh.” kata Kesang dikutip Senin (17/1/2022).    

Kaesang mengakui, privilege sebagai anak presiden yang ia gunakan dalam bisnisnya itu memang terbukti manjur, sejumlah bisnis yang ia tekuni berjalan mulus tanpa ada hambatan yang berarti.  

“Ya, itu memang namanya privilege. Kan saya mengakui itu, oke. Lah, gimna iya kan. Itulah saya enggak akan bilang saya kerja mati-matian, ngapain?” tuturnya. 

Kendati begitu, mengatakan tidak ada yang salah terkait penggunaan revilege sebagai anak Presiden itu selama hal itu dipakai untuk memaksimalkan potensi bisnis yang dimiliki, dan yang terpenting jangan sampai hal ini dipakai buat hal - hal yang justru merugikan negara. 

“Kita harus ngakuin ada privilege itu. Itulah kenapa waktu itu aku bikin bisnis pun salah satunya enggak ada ketakutan, ‘Ah, masih ada Bapak yang masih bisa back up-lah (andai gagal). Kita mau pembelaan bagaimana pun, itu memang pasti ada privilege kan. Namanya pebisnis ya kita maksimalin apa yang kita punya, tapi tanggung jawab itu saja,” tuturnya. 

Kaesang juga menjelaskan bahwa ia berbisnis mulai dari nol. Namun, tak dimungkiri dalam perjalanan bisnisnya, ia dibantu dengan statusnya sebagai anak Presiden Jokowi.  

“Aku usaha dari nol nih, tapi dari nol sampai ke 100 nih, 1, 2,3 itu lurus alhamdulillah. Harus aku akui kan ada privilege itu. Kayak bisnis Sang Pisang, bisa laris salah satunya orang-orang kenal saya karena anaknya Bapak (Jokowi). Asal duitnya halal kan enggak masalah kan.” tukasnya.(Wartaekonomi.co.id)