Viral Wanita Dulu Ketua BEM & Raih IPK Tertinggi Kini Bahagia Jadi IRT

Infomenia.net -  Ketika sudah menikah, perempuan biasanya dihadapkan dengan pilihan menjadi wanita karier atau ibu rumah tangga (IRT). Namun...


Infomenia.net - 
Ketika sudah menikah, perempuan biasanya dihadapkan dengan pilihan menjadi wanita karier atau ibu rumah tangga (IRT). Namun, bukan berarti perempuan kehilangan martabatnya ketika memilih untuk menjadi IRT.

Kisah Cassamira, seorang wanita berprestasi yang memutuskan untuk menjadi IRT viral di media sosial. Ia membagikan kisahnya lewat akun TikTok @cassamira_.

Wanita berusia 26 tahun itu membagikan kisahnya yang menjadi IRT atas permintaan suami. Padahal, Cassamira pernah menjadi siswa dengan segudang prestasi.

Ketika masih SMP, Cassamira menjabat sebagai ketua OSIS di tengah kesibukannya sebagai atlet boxing Jawa Barat. Kemudian di bangku SMA, ia membawa banyak prestasi di bidang seni tari dan kabaret.

Cassamira juga menjadi ketua BEM saat kuliah. Ia juga lolos seleksi pertukaran pelajar ke Taiwan dan Polandia. Ketika wisuda, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung itu lulus mengantongi IPK tertinggi.

Cassamira bercerita, ia sempat bekerja di sebuah hotel selama dua tahun sebelum pada akhirnya menikah dengan suaminya, Gegi. Awalnya, Cassamira yang ambisius tidak ingin meninggalkan kariernya. Namun setelah melalui pemikiran panjang dan dinyatakan hamil, ia pun memilih jadi IRT.

"Suami saya ingin saya di rumah jadi IRT saja. Dia ingin kita bareng-bareng terus sampai kita saling ketergantungan satu sama lain. Ibarat orang butuh uang buat hidup, meskipun lagi males cari uang atau bosan cari uang, dia tetap cari karena butuh," tutur Cassamira kepada HaiBunda, Rabu (20/10/21).

Meski begitu, sang suami tak memaksa Cassamira untuk melepas statusnya sebagai wanita karier. Ia tetap diberikan pilihan sesuai dengan keinginannya. Gegi tak ingin istrinya tidak bahagia dengan keputusan yang diambil.

"Dia juga menambahkan 'Tapi kalau kamu enggak happy diam di rumah, you can do whatever you want termasuk kerja'. Akhirnya saya setuju untuk jadi IRT selama saya bahagia," ujarnya.

Meninggalkan karier dan prestasinya, apakah Cassamira bahagia dengan keputusan yang diambil?

Cassamira dan Gegi kini sudah menikah selama dua tahun. Cassamira mengaku, ia tak menyesal dan sangat bahagia dengan keputusannya untuk menjadi ibu rumah tangga (IRT).
Selama menjadi IRT, Cassamira merasa seperti kembali menimba ilmu di bangku kuliah. Ia yang tidak memiliki pengalaman menjadi IRT sangat tertantang menghadapi suka dan duka sebagai ibu rumah tangga.

"Menjadi orang tua itu enggak ada sekolahnya. Sebanyak apapun ilmu parenting yang dibaca, tetaplah guru parenting terbaik itu adalah anak kita sendiri. Justru sekarang rasanya saya lagi kuliah fakultas pernikahan nih, ambil jurusan IRT, anak dan suami saya lah yang jadi dosennya," ucap Cassamira.

Tak sekadar mengurus anak dan kebutuhan rumah tangga, Cassamira punya peran penting di keluarga lho. Meski sudah tak lagi bekerja, ia menjalankan bisnis milik suaminya dari rumah.

Cassamira bercerita, suaminya sempat memiliki bisnis fashion sejak 2013 silam. Namun sebagai desainer, Gegi sangat sibuk dengan pekerjaannya sehingga Cassamira membantunya untuk membangun kembali bisnis tersebut.

Pemilik brand G-GOOD itu menjual fashion item berupa tas dengan stok yang sangat terbatas di setiap serinya. Cassamira mengaku sangat senang menjalankan bisnis itu untuk mengisi waktu luang di rumah. Ia tetap bisa bekerja meski sambil mengurus anak.

"Saya mengurus bisnis ketika suami saya perutnya sudah kenyang dan rumah rapi, terus anak saya lagi main sendiri, di situ saya buka laptop. Tetapi kalau ada keperluan, misalnya foto produk itu pasti suami dampingi saya untuk gantian pegang baby sambil kita kerja," ujarnya.

Bahagia menjalankan perannya sebagai IRT, suami Cassamira juga kerap memberi apresiasi untuk istrinya lho.


Kehidupan Cassamira dan Gegi semakin lengkap dengan kehadiran seorang putri bernama Namisae Ge Manata. Saat ini putri kecilnya itu sudah berusia 1 tahun 3 bulan.
Melihat Cassamira yang sibuk menjalani peran sebagai IRT, Gegi tak segan membantu istrinya mengurus kegiatan rumah tangga. Ia bahkan kerap menunjukkan sikap manis kepada Cassamira sebagai bentuk apresiasi.

"Suka tiba-tiba ajak makan makanan yang saya suka. Kadang dia suka tanya mau dibeliin apa dan mau nawarin belanja apa. Saya malah bingung karena kalau tidak butuh banget ya enggak tahu mau beli apa. Jadinya dia yang suka inisiatif belikan saya sesuatu, dan beri saya me time," beber Cassamira.

Awal pertemuan Cassamira dan Gegi bermula ketika mereka dikenalkan oleh teman kantor Cassamira. Namun kala itu, Cassamira sempat tak merasa tertarik karena usia Gegi yang 8 tahun lebih tua.

Cassamira dan Gegi pada saat itu juga masih terbilang dekat dengan mantan kekasih mereka masing-masing. Namun pada akhirnya, mereka mulai mengobrol dan merasa cocok.

"Saya baru menemukan cowok usia di atas 30 tahun yang asik diajak ngobrol. Suami saya juga baru nemu cewek muda yang nyambung diajak ngobrol. Dari situ ya dia mepet saya dan PDKT," ia bercerita.

Tak butuh waktu lama bagi Gegi dan Cassamira untuk saling mengenal. Keduanya sudah merasa cocok setelah melakukan pendekatan selama satu tahun. Mereka pun mulai melangkah ke jenjang yang lebih serius. Berangkat dari Bali, Gegi menghampiri keluarga Cassamira yang berada di Bandung.

"Keluarga pun cocok, enggak lama dari situ kita tentukan tanggal dan nikah deh 18 Agustus 2019," kata pasangan yang kini menetap di Bandung itu.(haibunda.com)