Tetap Dukung Interpelasi, Ketua DPRD Minta Anies Jelaskan Anggaran Formula E!

Infomenia.net -  Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menegaskan dirinya tetap mendukung penggunaan hak interpelasi terkait Formula ...


Infomenia.net - 
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menegaskan dirinya tetap mendukung penggunaan hak interpelasi terkait Formula E. Hak interpelasi tersebut menurut Prasetio merupakan suatu kewajiban yang melekat sebagai fungsi pengawasan.

"Hingga saat ini sikap saya tegas, tetap mendukung penggunaan hak interpelasi DPRD pada penyelenggaraan Formula E di Jakarta," kata Prasetio melalui keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).

"Yang perlu diketahui adalah, hak bertanya melalui interpelasi ini merupakan kewajiban yang melekat pada saya dalam menjalankan fungsi pengawasan sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta," lanjutnya.

Prasetio menyampaikan Anies perlu menjelaskan dalam rapat paripurna resmi anggaran yang dikeluarkan untuk balap Formula E. Sebab kata Prasetio, anggaran formula E telah menjadi bahan temuan badan pemeriksa keuangan (BPK) dalam laporan APBD DKI 2019-2020.

"Sebab anggaran yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan Formula E ini telah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam laporan hasil pemeriksaanya terhadap APBD DKI di tahun 2019-2020. Sudah semestinya Gubernur Anies menjelaskan di dalam forum resmi rapat paripurna DPRD DKI Jakarta agar semuanya terang benderang," jelasnya.

Lebih lanjut, Prasetio mengaku ingin mendapat penjelasan atas anggaran miliaran yang telah dikeluarkan untuk ajang balap Formula E. Selebihnya, terselenggara atau tidak Formula E menjadi persoalan lain.

"Soal terselenggaranya Formula E atau tidak di Jakarta itu persoalan lain. Saya bersama fraksi PDI-P Jakarta PDI Perjuangan dan PSI, di DPRD DKI Jakarta hanya ingin mendapatkan penjelasan dan jawaban terkait uang ratusan miliar yang telah dikeluarkan untuk Formula E ini," ucapnya.

Prasetio juga mengklarifikasi perihal foto dirinya bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang disebut-sebut mendukung Formula E. Dia menjelaskan foto tersebut diambil saat sedang mendampingin Bamsoet yang juga Ketua Umum IMI, saat pra homologasi sirkuit Mandalika April lalu.

"Padahal foto tersebut diambil saat saya selaku Dewan Pembina IMI Pusat sedang mendampingi Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo pada inspeksi pra-homologasi Sirkuit Mandalika bersama perwakilan Dorna Sport. Foto itu sendiri diambil pada Rabu, (7 April 2021)," imbuhnya.(detiknews.com)