Sukmawati jadi Hindu, Rocky Gerung: Artinya Presiden Jokowi gagal

Infomenia.net -  Pengamat politik Rocky Gerung menyoroti soal Sukmawati jadi Hindu semua orang jadi ribut. Fenomena ini menurutnya bukti Pre...


Infomenia.net - 
Pengamat politik Rocky Gerung menyoroti soal Sukmawati jadi Hindu semua orang jadi ribut. Fenomena ini menurutnya bukti Presiden Jokowi gagal. Maksudnya Presiden Jokowi gagal dalam hal membangun kesetaraan kewarganegaraan, sebab masyarakat masih ribut banget dengan persoalan keyakinan orang lain.

Rocky membahas soal Sukmawati jadi Hindu itu dalam kerangka apakah bangsa ini menyerap makna dari Sumpah Pemuda. Dia merasa hari ini bangsa Indonesia tidak merasa satu bangsa, malah yang ia rasakan adalah bangsa yang terpecah.

Sukmawati jadi Hindu, Jokowi gagal

Rocky Gerung menyinggung soal kabar Sukmawati masuk Hindu. Kabar ini beberapa hari terakhir jadi sorotan dan perbincanga publik sampai ribut pula perbincangan yang muncul.


Nah Rocky Gerung menilai respons masyarakat atas Sukmawati masuk Hindu ini bukti Presiden Jokowi gagal juga kegagalan pemerintah.

“Sukmawati jadi hindu, semua orang ribut. Ada urusan apa, urusan privat dia. Artinya Presiden Jokowi gagal menghaasilkan the idea of citizenship,” tegas Rocky Gerung dalam Indonesia Lawyers Club di Youtube, dikutip Sabtu 30 OKtober 2021.

Rocky mengatakan kalau orang percaya hubungan antarindividu itu adalah hanyalah hubungan kewarganegaraan, maka pasti orang tidak akan mempersoalkan agama seseorang. Nah artinya ribut Sukmawati jadi Hindu adalah ada masalah.

“Artinya pemerintah gagal menghasilkan kesetaraan berargumen di dalam situasi citizenship! Yang ada citizenshit,” ujar Rocky.

Tokoh oposisi yang kritiknya tajam ke pemerintah ini mengingatkan Presiden Jokowi dulu kan berjanji dalam jalan lurusnya untuk menghasilkan hubungan antarwarga yang setara.
 
“Karena dia kan berjanji dulu di dalam shirotol mustakim-nya (jalan lurusnya) untuk menghasilkan kesetaraan warga negara,” kata Rocky.

MUI Komentari Sukmawati yang Peluk Hindu

Wakil Ketua MUI, Anwar Abbas mendesak Sukmawati agar fokus menjalani kesehariannya sebagai pemeluk agama Hindu. Sehingga, kata dia, perempuan 70 tahun tersebut tak perlu mennyinggung kepercayaan lamanya lagi.

“Saya meminta kepada ibu Sukmawati karena ibu sudah pindah agama maka jadilah ibu pengikut agama hindu yang baik. Untuk itu jagalah persatuan dan kesatuan serta keutuhan bangsa ini dengan baik. Karena ibu sekarang sudah tidak beragama islam lagi maka ibu fokus sajalah dengan agama ibu yang baru tersebut dan kami umat Islam akan menghormatinya,” ujar Anwar, dikutip Sabtu 30 Oktober 2021.

“Untuk itu saya berharap supaya kita saling hormat menghormati dan mari kita hidup berdampingan secara damai. Dan jangan ada cerca mencerca serta jelek menjelekkan diantara kita karena itu akan merusak hubungan baik kehidupan antar umat beragama di negeri ini,” sambungnya.



Dia juga tidak mempersoalkan, apabila Sukmawati memang sudah tidak berkenan dengan keyakinan dan ibadah serta hal-hal yang menyangkut muamalah dan ketentuan-ketentuan dalam Islam.(hops.id)