Siasat Pinjol Ilegal Jebak Warga di Gurita Utang Berjumlah Fantastis

Infomenia.net -  Polisi menggerebek salah satu kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Polisi menang...


Infomenia.net - 
Polisi menggerebek salah satu kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Polisi menangkap 4 orang dalam penggerebekan itu.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis memimpin langsung penggerebekan itu. Dia juga sempat melihat langsung bagaimana para pegawai menagih hingga membuat warga terjebak dalam gurita pinjol dengan jumlah utang yang semakin besar.

"Apabila dia (nasabah) tidak bisa membayar di pinjaman online yang saat ini, dia diarahkan untuk bisa meminjam ke pinjaman atau vendor lainnya," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes. Pol. Auliansyah Lubis dikutip dari instagram Polda Metro Jaya, Rabu (20/10).


Menurutnya hal itu merupakan siasat dari pinjol tersebut. Sebabnya jika kita telusuri lebih lanjut vendor-vendor tersebut masih satu perusahaan yang sama dengan pinjaman online ilegal itu.
"Diarahkan kepada vendor yang baru, itu mereka juga. Atau boleh dibilang sebagai gurita," tambah Auliansyah.

Ini salah satu penyebab utang dari para nasabah ini membengkak akibat pinjaman online. Untuk itu Auliansyah berpesan agar lebih berhati-hati ketika ingin melakukan pinjaman online.


Dalam penggerebekan di Green Lake City, salah satu warga yang anaknya terjebak pinjol sempat mengatakan, utangnya bisa bengkak hingga ratusan juta rupiah karena bunga dan denda yang sangat besar.

Saat itu, anaknya meminjam Rp 2,5 juta. Tapi, karena tidak bayar tepat waktu, denda Rp 500 ribu per hari dikenakan sehingga hitungan utang terus membengkak hingga Rp 100 juta.(kumparan.com)