Pigai incar perempuan Papua biang narasi cuitan rasis Jawa Tengah, inikah sosoknya?

Infomenia.net -  Aktivis kemanusiaan, Natalius Pigai santai saja dilaporkan ke polisi atas dugaan cuitan rasis kepada masyarakat Jawa Tengah...


Infomenia.net - 
Aktivis kemanusiaan, Natalius Pigai santai saja dilaporkan ke polisi atas dugaan cuitan rasis kepada masyarakat Jawa Tengah. Pigai berdalih cuitannya tidak rasis, sebab dia tidak merujuk pada Suku Jawa, yang ia maksud adalah Jokowi dan Ganjar sebagai orang Jawa Tengah.

Alih-alih menyoalkan laporan rasis kepadanya, Pigai justru mengincar perempuan Papua yang jadi biang ramainya narasi cuitan Pigai rasis. Padahal mantan Komisioner Komnas HAM itu sama sekali nggak rasis.

Pigai incar perempuan Papua soal framing rasis

Natalius Pigai biasa saja menanggapi laporan Barisan Relawan Nusantara atas cuitan rasisnya ke Bareskrim Polri. Bagi dia, pelapor tidak ngerti konteks cuitannya, dia tidak menyasar entitas suku dalam cuitannya tapi dia merujuk pada Jokowi dan Ganjar sebagai pejabat publik yang bertanggung jawab soal Papua.


Justru Pigai malah minta kepolisian untuk kejar dan periksa siapa yang pertama kali munculkan naasi rasis pada cuitannya.

“Jadi saya tweet siang (1 Oktober 2021) kemudian jam 4 sore dan malam ada seorang perempuan yang DM ke saya dan viralkan. Dia viralkan ada kata-kata rasis (pada cuitan). Lalu diviralkan perempuan Papua itu,” katanya dalam wawancara dengan tvOne, dikutip Selasa 5 Oktober 2021.

Pigai mengatakan jelas kok biang yang menarasikan cuitannya rasis itu adalah perempuan Papua yang ia maksud. Aktivis kemanusiaan ini menduga, cuitannya yang biasa saja lalu dinarasikan rasis itu ada motif politik.


“Di belakang perempuan Papua itu siapa, ini saya duga pertarungan politik Papua 2024. Supaya pendukung fanatik saya di Papua, digiring rasis (cuitan saya) supaya mereka (pendukung) tidak memilih saya,” kata Pigai.

Pigai mengatakan narasi cuitannya ini justru menjadi bumerang bagi Jokowi dan Ganjar. Nama keduanya jadi ternoda di masyarakat dan menimbulkan kegaduhan.

“Ini menyebabkan nama Ganjar dan Jokowi citranya rusak, karena mereka terpancing pelintir Provinsi Jateng jadi rasis, ketika muncul rasis itu ciptakan kegaduhan. Periksa itu anak perempuan yang viralkan, nyatanya dari perempuan wanita itu sebut nama perempuan itu,” katanya.

Inikah sosok perempuan diincar Pigai

Siapa perempuan yang dimaksud Pigai ya. Dari penelusuran, ada postingan model perempuan asal Papua, Olvah Alhamid, pada 1 Oktober 2021. Postingannya mengkritik Pigai yang menyeret nama-nama orang Jawa Tengah Jokowi dan Ganjar dalam urusan Papua. Postingan perempuan itu juga dengan jelas menyebutkan cuitan Pigai itu rasis.

“Nanti kalau orang rasis sama Bapak @NataliusPigai2 Bapak tidak terima. Tapi rasis sama orang lain boleh?
Saya pejuang stop rasisme & diskriminasi, & mungkin kitong sama2 dari Papua e Bapak, mungkin kitong pu ari2 ditanam di Papua sama2, tp untuk kali ini, saya tidak dukung Bapak,” tulis akun @olvaholvah.


Akun ini penasaran dengan motif dan cuitan Pigai, kok menyasar Jokowi dan Ganjar sih. Apakah ada masalah dengan Ganjar.

“Ada dendam apa, Bapak?@NataliusPigai2 disini Bapak @ganjarpranowo hanya sedang menikmati kitong pu makanan khas, hrsnya kitong senang. Kitong berjuang mati2an utk org kenal Papua pny baik2, skrg malah Bapak sendiri yg mengeluarkan kalimat provokatif. Bisa tahu kenapa kah, Bapak?” tulis akun itu.

Akun ini ngaku dulu selalu bela Pigai dari serangan rasis dan diskriminatif. Namun dengan cuitan soal Jawa Tengah itu, akun ini nggak mau lagi membela Pigai dalam serangan rasis.(hops.id)