Musni Umar Sebut Ahok Memurtadkan Puput, Eks Politisi Demokrat: Mus, Berhentilah Jadi Manusia Peniup Isu Rasial

Infomenia.net -  Mantan politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengungkit pernyataan Musni Umar dan mengecamnya karena menyebutkan ba...


Infomenia.net - 
Mantan politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengungkit pernyataan Musni Umar dan mengecamnya karena menyebutkan bahwa Basuki Tjahja Purnama atau Ahok telah menikahi dan memurtadkan Puput Nastiti Devi.

“Komnas apa tidak ingin berkomentar terhadap kebebasan setiap orang memilih keyakinannya?” kata Ferdinand Hutahaean, Minggu 17 Oktober 2021.

“Mus, berhentilah jadi manusia peniup isu2 rasial. Sayangi negeri ini dgn turut menghargai HAM org lain. Puput sgt terlihat bahagia krn dia tak pernah dipaksa atau terpaksa. @KomnasHAM,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2019, rencana bekas narapidana penista agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menikahi Puput sempat mendapat kecaman dan didesak agar dibatalkan karena berpotensi menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

Demikian dikatakan Sosiolog dari Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Musni Umar saat dihubungi, Sabtu (26/1/2019).

 

"Ahok harus batalkan nikahi Puput. Ahok bisa dituduh melakukan Kristenisasi. Karena Puput yang awalnya Islam berpindah agama jadi Kristen," kata Musni.

Musni menilai, pernikahan Ahok-Puput juga bisa membahayakan hubungan muslim dengan non muslim.

"Apalagi Ahok masuk penjara gara-gara menistakan agama Islam. Kalau Ahok-Puput nikah bisa jadi masalah serius di tengah masyarakat," tutur Musni.

Ia juga berpendapat, adanya upaya menyelewengkan aqidah umat agama lain, maka tentu akan dapat menimbulkan perpecahan atau gesekan-gesekan antar sesama umat beragama di Indonesia.

Sebelumnya, Musni juga menulis melalui akun Twitternya yang berisi kecaman atas rencana pernikahan kedua Ahok dengan ajudan mantan istrinta, Veronica Tan yang berasal dari keluarga muslim.

"Sebagai sosiolog saya kecam rencana Ahok kawin dgn Puput krn Puput akhirnya murtad. Ahok sdh menista Alqur'an membuat murtad lagi si Puput. Saya protes karena bkn hanya urusan pribadi tapi sdh masuk ranah sosial membahayakan hub. Muslim dan non Muslim," tulis Musni.

Diketahui, keluarga Bripda Puput Nastiti Devi sudah mengurus berkas pengantar pernikahan dengan Ahok ke kantor Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Depok.

Dalam berkas itu, kolom agama Bripda Puput tertulis Kristen. Ini artinya Bripda Puput berpindah agama dari Islam ke Kristen.

"Ya gitu kayaknya, ikut (agama) Ahok, Kristen, jadi Kristen. Kayaknya pindah agama dari muslim ke ikut Ahok itu. Saya mah sesuai dengan di berkas saja," kata Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih Sinten, Kamis lalu.

Menurut Aslih, berkas pernikahan Ahok dan Bripda Puput diurus oleh pihak keluarga dari Bripda Puput, pada 17 Januari lalu.

"Kan saya menyampaikan itu agamanya sudah beda. Orang tuanya yang perempuan (Bripda Puput) yang ngurus. Bapaknya saja yang ngurus," kata Aslih seperti dilansir Suara Karya.

Aslih juga menyebut saat ini berkas tersebut sudah ditandatangani olehnya. Selanjutnya, berkas tersebut akan diserahkan ke lembaga keagamaan untuk proses selanjutnya. 

Isu pernikahan Ahok dan Bripda Puput pertama kali disebarkan oleh politikus PDIP yang juga sahabat Ahok, Prasetio Edi Marsudi.

Prasetyo menjelaskan, kemungkinan resepsi pernikahan Ahok akan digelar di Jakarta atau Nganjuk, Jawa Timur, tempat asal Bripda Puput. 

Ahok bebas setelah menjalani masa tahanan hampir 2 tahun di Mako Brimob. Ia ditahan karena kasus penistaan agama, demikian dilansir dari Netralnews.(bentengsumbar.com)