Din Sebut Pemimpin Tukang Ngibul Tak Sesuai Ajaran Quran, Sindir Siapa?

Infomenia.net -  Mantan Ketua Umum atau Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin kembali bicara mengenai sosok manusia ideal untuk dijadikan pe...


Infomenia.net - 
Mantan Ketua Umum atau Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin kembali bicara mengenai sosok manusia ideal untuk dijadikan pemimpin. Salah satunya, merujuk pada kitab suci Alquran, selalu berkata jujur alias tak pernah berbohong.

Dalam pengajian virtual Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ngawi, Jawa Tengah, Din mengatakan, tipe pemimpin ideal menurut Alquran sudah dipersonifikasikan, ditampilkan, dan dinyatakan Tuhan melalui sosok Nabi Muhammad SAW.

Sehingga, jika ditanya bagaimana pemimpin seharusnya bersikap, maka contohlah perangai yang ditunjukkan Rasulullah.

“Beliaulah pemimpin agung, pemimpin ideal yang memenuhi kriteria Alquran,” ujar Din Syamsudin dikutip melalui laman PP Muhammadiyah, Jumat 10 September 2021.


Berkat hal itu, Din Syamsuddin menegaskan, untuk mencari sosok ideal bisa ditemukan melalui ayat-ayat Alquran, dan juga bisa dipahami serta dipelajari melalui teladan Nabi Muhammad SAW.

“Yang tadi disebut Alquran sebagai uswatun hasanah,” terangnya.

Lebih jauh, Din mengurai, ada empat perangai Nabi Muhammad yang bisa dijadikan acuan dalam memilih seorang pemimpin, yakni amanah, cerdas, jujur, dan transparan. Namun yang paling utama, menurutnya, ialah kejujuran atau As-Sidqu.


Itulah mengapa, kata Din, jika ada pemimpin yang suka berbohong atau berdusta, dia sama saja gagal mengamalkan Alquran dan tak mampu meneladani perangai Nabi Muhammad.

“Jadi pemimpin yang suka berbohong, suka berdusta, tiap waktu penuh dengan kebohongan, tidak menyatu antara ucapan dan laku, word in deed does not match, tidak matching dengan laku, dengan perbuatan itu adalah kebohongan,” kata Din.(hops.id)