Penjelasan TNI soal Video Viral Mantan Disebutkan Hadiri Pernikahan dengan Helikopter

Infomenia.net -  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memberikan penjelasan terkait adanya video helikopter yang dipakai manta...


Infomenia.net - 
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memberikan penjelasan terkait adanya video helikopter yang dipakai mantan untuk datang ke kondangan.

Video tersebut dibagikan oleh netizen di media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, dan TikTok. 

Disebutkan, kejadian adanya helikopter yang disebut netizen mendatangi pernikahan mantan tersebut merupakan kejadian di wilayah Trenggalek, Jawa Timur. Hingga Jumat (6/8/2021) malam, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 65.870 pengguna.




Penjelasan TNI 

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indang Gilang Buldansyah mengatakan, kejadian video yang viral tersebut bukanlah pendaratan helikopter yang datang untuk menghadiri pernikahan mantan.

 Helikopter tersebut, imbuhnya merupakan helikopter TNI AU yang sedang latihan mendarat di lapangan, tepatnya di RT 30 RW 10 Dusun Karangrejo, Desa Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. 

"Kejadiannya Senin, 2 Agustus kemarin. Jadi helikopter TNI AU jenis Super Puma yang mendarat di lapangan untuk simulasi latihan Fighter Weapon Instructor Course (FWIC)," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (6/8/2021).

Latihan penjemputan personel

Indan menjelaskan, helikopter tersebut merupakan helikopter yang dipergunakan untuk latihan FWIC dengan materi latihan penjemputan personel dengan teknik mendarat di lapangan. 

“Latihan ini sudah direncanakan jauh hari sebelumnya, jadi tidak benar, helikopter yang mendarat di lapangan tersebut menghadiri acara resepsi pernikahan,” ungkap Marsma Indan. 

Lebih lanjut, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar lebih bijak dalam bermedia sosial, terutama ketika mengunduh suatu konten.

Pihaknya juga mengimbau ketika membagikan informasi untuk selalu lebih berhati-hati dan menghindari menyebarluaskan informasi yang belum pasti kebenarannya, serta selalu mawas diri dalam menyaring informasi yang diterima. 

Sebelumnya, sebuah unggahan mengenai adanya helikopter yang dipakai mantan untuk datang ke kondangan viral di media sosial. 

Unggahan tersebut dibagikan oleh netizen media sosial mulai Facebook, Instagram, dan TikTok. Adapun salah satu netizen yang mengunggah unggahan tersebut adalah netizen dengan akun Instagram @makassar_iinfo. “Mantan datang ke kondangan naik heli,” tulis akun tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan TNI soal Video Viral Mantan Disebutkan Hadiri Pernikahan dengan Helikopter