Viral Polisi Gendong Pasien Covid-19 ke RS, Lewati Sungai Pakai Perahu

Infomenia.net -  Viral sebuah video di media sosial memperlihatkan aksi kemanusiaan seorang polisi di tengah situasi pandemi Covid-19. Anggo...


Infomenia.net - 
Viral sebuah video di media sosial memperlihatkan aksi kemanusiaan seorang polisi di tengah situasi pandemi Covid-19. Anggota Bhabinkamtibmas di Polda Riau itu menggendong seorang warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19.

Kondisi kesehatan warga suspek Covid-19 yang terus menurun itu, membuatnya harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Momen ini disebarluaskan oleh akun TikTok yurilestaritiktok.

"Totalitas tanpa batas, polisi Babin wilayah Polsek Tembilahan, Polres Indragiri Hilir, Riau," tulis keterangan unggahan.

Berdasarkan video singkat yang diunggah, terlihat seorang polisi memakai pakaian Alat Pelindung Diri (APD) putih lengkap saat melakukan tugasnya itu. Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (16/7/2021) lalu.

Dalam video itu, tertera lokasi kejadian berada di sebuah desa perairan Sungai Perak, Indragiri Hilir, Riau.

Pasien yang digendong tersebut dalam kondisi kesehatan yang menurun. Sementara hasil swab test Covid-19 yang dijalaninya belum keluar.

Situasi tersebut membuat Dedek, personel Bhabinkamtibmas yang bertugas di UPT Puskesmas Gajah Mada itu bergerak cepat dengan membawa warganya ke rumah sakit.

Dedek lantas menggendongnya dan berjalan kaki menuju pelabuhan kecil untuk menaiki perahu kayu bermotor melintasi sungai.

Dedek terus menggendong si bapak hingga akhirnya tiba di rumah sakit kabupaten dengan didampingi seorang rekan yang juga mengenakan APD.

9 Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Kita sudah melakukan beberapa upaya, seperti physical distancing, memakai masker, dan melakukan kebersihan diri. Akan tetapi ada satu faktor krusial yang tak bisa diabaikan agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi Covid-19 yaitu menjaga kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh yang baik dan kuat adalah kunci untuk mencegah agar tak terserang virus corona baru penyebab sakit Covid-19.

Dikutip dari Medical Daily, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan selama pandemi ini untuk menjaga kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan kuat. Apa saja?

1. Tidur cukup

Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-10 jam tidur, remaja 8-10 jam, dan anak-anak serta bayi lebih dari 14 jam. Kurang tidur atau tidur yang tak nyenyak terkait dengan risiko terkena masalah kesehatan. Sehingga banyak pakar yang menyebut bahwa kekebalan tubuh dan tidur erat kaitannya.

2. Perbanyak sumber nabati

Mengonsumsi banyak sumber nabati seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat dapat membantu menurunkan risiko infeksi.

3. Konsumsi lemak sehat

Lemak sehat seperti asam lemak omega 3 memiliki kandungan antiinflamasi yang membantu tubuh melawan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

4. Makanan fermentasi

Kekebalan tubuh berkaitan erat dengan kesehatan pencernaan. Saluran cerna kita mengandung probiotik yang bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan fermentasi seperti yogurt atau tempe.

Mengonsumsi makanan fermentasi dapat menguatkan kekebalan tubuh dengan membantu mengidentifikasi mikroorganisme yang berbahaya.

5. Kurangi konsumsi gula

Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan lainnya yang membahayakan kekebalan tubuh. Sehingga untuk menurunkan risiko terkena masalah kesehatan kronis, sangat tepat untuk mengurangi konsumsi gula Anda.

6. Olahraga

Olahraga intensitas sedang bisa mendorong kekebalan tubuh. Lakukan olaharga selama 2 jam 30 menit per minggunya untuk membantu sel-sel kekebalan tubuh kita beregenerasi dan mengurangi inflamasi, seperti berjalan kaki atau jogging.


7. Hidrasi

Tak cukup asupan cairan bisa menyebabkan kesehatan dan performamu secara keseluruhan menurun. Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit.

8. Kelola stres

Mengelola stres dan kecemasan bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Stres meningkatkan inflamasi dan mengganggu keseimbangan hormon dan fungsi sel imun dalam jangka panjang. Anda bisa melakukan aktivitas pereda stres seperti olahraga, menggambar, atau meditasi.

9. Mengonsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen tidak berarti menggantikan diet sehat yang seimbang, namun bisa membantu melawan infeksi dan mendorong kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti vitamin E, zinc, vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6.(suara.com)