Wagub DKI Jawab Sindiran Anies Baswedan Soal Jalur Sepeda Balap, Ada Apa?

Infomenia.net -  Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons pernyataan Gubernur Anies Baswedan soal pengumuman rencana jalur sep...


Infomenia.net - 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons pernyataan Gubernur Anies Baswedan soal pengumuman rencana jalur sepeda road bike. 

Dia menyebut bukan dirinya yang pertama kali mengumumkan rencana lintasan khusus bagi sepeda balap itu.

"Jadi bukan saya yang mengumumkan pertama. Saya hanya menjawab apa-apa yang teman-teman media tanyakan," kata Wagub DKI di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis malam, 3 Juni 2021.

Pagi ini Anies mengingatkan jajarannya agar tak mengumumkan kebijakan yang belum final. Konteks pernyataan Anies ini ihwal rencana lintasan khusus jalur sepeda road bike di jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.  

Anies menyebut, dirinya selalu menggarisbawahi agar jangan menjadi pengelola pemerintah yang mengumumkan sesuatu sebelum aturannya dibuat.

Sebelumnya, beredar video percakapan antara Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo soal pembuatan lintasan sepeda khusus sepeda balap.

Video itu beredar pada 31 Mei 2021. Keduanya membicarakan bahwa akan ada lintasan khusus sepeda road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang dan jalan Sudirman-Thamrin.

Di hari yang sama, Riza membenarkan rencana tersebut. Menurut dia, rencana jalur sepeda khusus ini disepakati dalam rapat antara Dinas Perhubungan DKI, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Wali Kota Jakarta Selatan, Dinas Pemuda dan Olahraga DKI, Dinas Bina Marga DKI, dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Hasil rapat ini, Riza berujar, sudah diumumkan dalam sebuah konferensi pers kepada awak media sebelum dirinya menyampaikan rencana jalur sepeda road bike di JLNT dan Sudirman-Thamrin.

"Saya tidak pernah mengumumkan hasil rapat ini. Teman-teman (awak media) hari itu menanyakan terkait kebijakan ini dan ini sudah beredar dan sudah diumumkan sebelum saya dan saya hanya menyampaikan," jelas dia.

"Jadi tidak ada yang salah di sini," lanjut dia.

Hasil rapat itu juga ditembuskan kepada Anies Baswedan, Riza Patria, Sekretaris Daerah DKI Marullah Matali, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Sri Haryati, dan Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Amin Subekti. (tempo.co)