Viral Matahari Terbit dari Utara, Ini Penjelasan BMKG

Infomenia.net -  Warga Sulawesi Utara dihebohkan dengan informasi dari salah seorang warga di Kabupaten Jeneponto yang mengaku melihat matah...


Infomenia.net - 
Warga Sulawesi Utara dihebohkan dengan informasi dari salah seorang warga di Kabupaten Jeneponto yang mengaku melihat matahari pagi terbit dari arah utara, bukan timur.      

Akun Instagram @makassar_iinfo, menulis bahwa warga itu mengaku melihat peristiwa itu pada Kamis 17 Juni 2021. Pria tersebut menyaksikan kejadian langka pada pukul 08.00 WITA. 

Viralnya peristiwa tersebut langsung mendapat tanggapan dari pihak BMKG Makassar. 

Dilansir makassartoday.com, BMKG Wilayah IV Makassar menjelaskan, matahari sampai saat ini tetap terbit dari arah timur. Adapun posisi matahari memang terlihat naik sedikit ke arah utara. 

“Bukan utara pak, tetap terbit di timur, namun agak naik ke utara. Jadi ada kalanya belahan utara lebih banyak menerima sinar matahari dan sebaliknya belahan bumi slatan juga,” jelas Kepala Bagian Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha. 

Fenomena yang disaksikan masyarakat tersebut, kata Rizky, disebut sebagai Gerak Semu Matahari (GSM) yang disebabkan rotasi bumi berputar mengelilingi matahari tidak tegak lurus sudutnya. 

“Sudutnya, agak miring sekitar 23 drajat. Salah satu penyebab terbentuknya cuaca. Selalu seperti itu pak polanya,” sambung Rizky.       

Menurut pantauan BMKG, saat ini matahari memang lebih banyak menyinari belahan bumi bagian utara. Hal ini menyebabkan musim panas banyak terjadi di belahan utara, sedangkan dibelahan selatan terjadi musim dingin. 

BMKG juga menegaskan, fenomena unik tersebut merupakan hal biasa dan terjadi setiap tahunnya. 

6 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan
 
Dream – Sinar matahari sangatlah penting bagi setiap makhluk hidup di bumi, tidak terkecuali bagi manusia. Karena mataharilah yang menjadi sumber kehidupan. 

Tidak sedikit orang yang menyempatkan diri untuk berjemur di pagi hari. Beruntunglah Indonesia berada di lokasi yang strategis dengan mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.  

Meski begitu, masih banyak orang yang terkadang mengeluh kepanasan atau takut kulitnya hitam jika terkena sinar matahari. Tetapi, tahukah kamu sinar matahari memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? 

Matahari sendiri adalah sumber cahaya dan energi bagi bumi yang sifatnya panas. Sebagai bola gas yang ukurannya sangat besar, maka matahari bisa memberikan cahaya bagi bumi, terutama saat siang hari. 

Di saat inilah, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjalankan berbagai aktivitas. Misalnya saja menjemur pakaian, membuat garam, mengeringkan makanan seperti ikan asin, menciptakan listrik dari tenaga surya, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya untuk membantu aktivitas sehari-hari saja, sinar matahari juga mendukung kesehatan tubuh, baik itu fisik maupun mental. Hal ini karena sinar matahari adalah sumber terbaik untuk bisa meningkatkan vitamin D. 

Dengan begitu, daya tahan tubuhmu akan selalu terjaga. Berikut adalah beberapa manfaat matahari untuk kesehatan manusia sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com dan Bola.com.       

Sebagai Sumber Vitamin D dan Mengatasi Insomnia
 
Sebagai Sumber Vitamin D 

Manfaat matahari bagi kesehatan manusia yang pertama adalah sebagai sumber vitamin D. Vitamin D menjadi salah satu zat yang sangat dibutuhkan karena fungsinya membantu proses penyerapan kalsium ke tubuh. Untuk kemudian bisa membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Sebagaimana dilansir Healthline, vitamin D merupakan nutrisi yang sangat berguna untuk pembentukan tulang. Tidak hanya itu saja, vitamin ini juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung, otot, dan otak. 

Secara umum, vitamin D dibentuk dengan cara alami saat kulit terkena sinar matahari secara langsung.  

Mengatasi Insomnia 

Bagi kamu yang mengalami gangguan sulit tidur, maka sinar matahari adalah solusinya. Sinar matahari juga bisa membantumu untuk mengatasi insomnia. 

Insomnia membuat kualitas tidurmu menjadi tidak baik. Ini akan mengganggu aktivitasmu. 

Paparan sinar matahari di saat siang hari dan kegelapan pada malam hari sangat berguna untuk mempertahankan ritme sirkadian yang sehat. Sehingga, tubuhmu pun akan terjaga saat siang hari dan akan merakan lelah saat malam hari. Inilah yang kemudian memudahkanmu untuk tidur. 

Membuat Suasana Hati Menjadi Baik dan Meningkatkan Kinerja Otak
 
Membuat Suasana Hati Menjadi Baik 

Manfaat matahari bagi kesehatan manusia yang berikutnya adalah untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini jika kamu mendapatkan sinar matahari secara baik dan rutin, maka suasana hatimu akan lebih baik. 

Di mana penurunan paparan sinar matahari yang dihubungkan dengan penurunan serotonin menyebabkan Seasonal Affective Disorder (SAD) atau bentuk dari depresi yang didorong dari perubahan musim. 

Dengan meningkatnya hormon serotonin, maka hal ini dipercaya sangat efektif untuk meningkatkan rasa bahagia, fokus, dan tenang. Sehingga dari paparan sinar matahari sangat baik untuk para penderita depresi maupun gangguan jiwa.  

Meningkatkan Kinerja Otak 

Manfaat matahari yang tak kalah penting adalah bisa meningkatkan kinerja otak. Di mana otak akan memproduksi serotonin dalam jumlah yang banyak, yakni berupa zat kimia di dalam tubuh yang bisa meningkatkan suasana hati. 

Bagi kamu yang kerap menjalani aktivitas di dalam rumah dan jarang mendapatkan sinar matahari, maka inilah yang bisa membuatmu mengalami depresi. Sebagai solusinya, kamu perlu berjemur di bawah sinar matahari sekitar 15 menit setiap harinya.       

Mencegah Penyakit Kulit dan Mencegah Penyakit Kanker
 
Mencegah Penyakit Kulit 

Manfaat matahari juga bagus untuk menjaga kesehatan kulitmu. Apalagi bagi para perempuan yang ingin mendapatkan kulit cantik dan sehat, maka mendapatkan sinar matahari secara cukup sangatlah penting di samping dengan menggunakan produk-produk kecantikan. 

Sinar matahari ampuh untuk mencegahmu dari berbagai penyakit kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan penyakit kuning. Namun, akan lebih baik jika kamu mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter karena tidak semua orang bisa menjadikan sinar matahari sebagai obat untuk penyakit kulit yang dideritanya. 

Mencegah Penyakit Kanker 

Manfaat matahari bagi kesehatan manusia adalah bisa mencegah dari penyakit kanker. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang telah banyak merenggut nyawa. Agar terhindar dari penyakit ini, pastika kamu tahu bagaimana cara mencegahnya yang salah satunya dengan memanfaatkan sinar matahari. 

Dengan terkena sinar matahari yang cukup, hal ini bisa menghindarkanmu dari berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker pankreas. Kemudian, hormon aktif pada vitamin D yang bernama calcitriol bisa mengurangi perkembangan serta penyerapan sel kanker. 

Dengan begitu, kamu pun disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin D akan terhindar dari bahaya kanker. 

Itulah 6 manfaat matahari bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, sahabat Dream jangan takut untuk berjemur di bawah sinar matahari ya. Lakukan secara rutin dan dapatkan sinar matahari secara cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.(dream.co.id)