Viral Kisah Pasien Muda Kena Gagal Ginjal-Jantung Gegara Suka Minum Manis

Infomenia.net -  Tak sedikit kasus gagal ginjal rupanya menyerang usia muda, bahkan di rentang umur 20-an. Hal ini diceritakan oleh dokter s...


Infomenia.net - 
Tak sedikit kasus gagal ginjal rupanya menyerang usia muda, bahkan di rentang umur 20-an. Hal ini diceritakan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ketika menjalani pendidikan di salah satu rumah sakit di Yogyakarta pada tahun 2020 lalu.

Twitter dr Furqon Satria Adi Pradana, SpJP, mendadak jadi sorotan netizen lantaran kasus yang ditanganinya. dr Furqon bagaimana pasiennya yang masih muda mengalami gagal ginjal yang berujung pada gagal jantung gara-gara kebiasaan minuman manis.

"Seminggu ini sudah ditemukan 2 pasien wanita muda awal 20-an sudah gagal ginjal yang mengakibatkan gagal jantung, setelah diulik lebih lanjut, hobi minum manis kemasan dan tidak suka air putih" demikian jelas dr. Furqon dalam akun Twitternya.

"Pasien memang dari kecil tidak suka minum air putih, sukanya minum minuman kemasan sehingga makin lupa akan mengonsumsi air putih." ujar dr Furqon saat dihubungi detikcom, Jumat (18/6/2021).

Selama pendidikan dr Furqon telah menemui beberapa jumlah kasus yang sama seperti dialami oleh pasien. Biasanya kasus paling banyak terjadi pada pasien wanita muda.

Saat ini dr Furqon sendiri sehari-harinya menjalani praktik di Rumah Sakit Soetarto (DKT) Yogyakarta.

"Gagal ginjal yang kronis akan menyebabkan hipertensi yang akhirnya akan menyebabkan gangguan fungsi diastolik jantung. Lama-kelamaan jantung akan membesar sehingga terjadi gagal jantung. Kondisi ini dinamakan cardiorenal syndrome, ada hubungan fungsi ginjal dan fungsi jantung yang menurun." ujar dr Furqon.

Penyakit gagal ginjal akut bisa dikategorikan menjadi 3 tipe yaitu:

1. Pre-renal

Disebabkan kurang air minum terutama air putih, bisa mengurangi aliran darah ke ginjal sehingga menyebabkan cedera pada ginjal akut (acute kidney injury). Lama-kelamaan cedera ginjal akut bisa menjadi penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease) yang berarti fungsi penyaringan ginjal telah menurun secara.

Diagnosis penurunan fungsi ginjal kronis ditegakkan melalui kadar ureum dan kreatinin darah.

2. Renal

Kerusakan ginjal terjadi karena penyakit sistemik seperti diabetes, hipertensi, serta lupus.

3. Post-Renal

Gangguan penyumbatan keluarnya urin misalnya pada pasien batu ginjal/batu ureter/tumor yang mengobstruksi.

(health.detik.com)