5 Fakta Viral Video Nenek Tawen yang Disebut Kerap Dimaki Anak

Infomenia.net -  Seorang nenek asal Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, viral di sosial media. Dari unggahan video TikTok, Nenek Tawen (86) dis...


Infomenia.net - 
Seorang nenek asal Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, viral di sosial media. Dari unggahan video TikTok, Nenek Tawen (86) disebut kerap mendapat cacian dari anaknya.

Dalam video berdurasi 27 detik itu, pemilik akun menuliskan narasi yang menyebut anak Nenek Tawen tak mau makan bersama ibunya itu. Sehingga Nenek Tawen harus duduk sendirian saat anaknya makan. Lalu seperti apa fakta di balik video itu?

1. Nenek Tawen Tinggal dengan Seorang Anaknya

Fakta bahwa Nenek Tawen tinggal serumah dengan anak lelaki bungsunya adalah benar. Nenek Tawen, mempunyai tiga anak.

Dua anak lainnya dari Nenek Tawen sudah berumah tangga, bahkan anak pertamanya tinggal bersebelahan dengan Nenek Tawen. Sedangkan anak keduanya yang juga telah berumah tangga, tinggal di rumah lainnya yang masih satu desa.

2. Kades Bantah Nenek Tawen Sering Dicaci Anaknya

Dalam video yang viral, disebut anak Nenek Tawen selalu mencaci makinya. Menurut Kepala Desa Kalimas, Kecamatan Randudongkal, Mujiono, menjelaskan, informasi itu tidaklah benar. Menurutnya, pembuat video hanya melihat dari salah satu sisi dari kehidupan nenek dan anaknya tersebut, di saat komunikasi antara keduanya sedang kurang baik.

"Ya wajarlah, kalau ada perselisihan sedikit. Normal. Tapi itu tidak terjadi setiap hari dan tidak sampai ke fisik. Hanya miskomunikasi saja," kata Mujiono yang juga tetangga Nenek Tawen.

3. Nenek Tawen Memang Tak Makan Bersama Anaknya

Mujiono juga menjelaskan soal narasi Nenek Tawen tidak makan bersama anaknya usai memasak dalam video viral itu. Fakta itu disebutnya benar.

Dia menjelaskan, kebiasaan makan di desa jarang dilakukan secara bersama-sama dalam satu keluarga. Kecuali dalam acara-acara besar dan tertentu saja.

Mujiono menjelaskan nenek yang usai memasak memang tidak selalu makan bersama anaknya.

"Kenapa Nenek Tawen ini tidak makan bersama anaknya usai memasak? Kita tinggal di desa, tidak ada tradisi satu keluarga yang harus sarapan, atau makan bareng satu meja. Ya kalau lapar, makan bisa sewaktu-waktu, tanpa harus menunggu jam makan atau menunggu anggota keluarga lainnya," jelasnya.

4. Pembuat Video TikTok Minta Maaf

Video yang diunggah melalui TikTok ini kemudian viral. Namun belakangan video itu dihapus.

Pengunggah video meminta maaf dengan mendatangi Nenek Tawen.

"Karena pesan moralnya nggak sampai, malah membuat keruh suasana, di akun TikTok-nya kemudian dihapus dengan penjelasan demi kenyamanan bersama disertai permintaan maaf, video dihapus," kata Mujiono.

Mujino mejelaskan sedianya pembuat video berharap ada pesan moral pada khalayak luas, untuk senantiasa menyayangi, berbakti pada orang tua dalam kondisi apapun.

5. Polisi Turun Tangan

Viralnya video Nenek Tawen di sosial media membuat polisi turun tangan untuk memastikan keadaan Nenek Tawen. Kapolsek Randudongkal, AKP Trino Winarno, mengunjungi Nenek Tawen pada Jumat (11/6). Polisi juga meminta keterangan Nenek Tawen, anaknya, dan pembuat video.

"Alhamdulillah, Kondisi nenek sehat, kita sempat ketawa-ketawa bersama, tidak ada beban pada diri nenek ini," kata AKP Trino Winarno.

Dalam kesempatan ini, Trino berharap pada semua pihak untuk bijak dalam bersosial media.

"Saya mengimbau pada semuanya untuk bijak dalam bersosial media. Jangan hanya melihat dari satu sisi, tanpa mengetahui secara utuh dari sebuah peristiwa," katanya.

Mujiono menambahkan, Nenek Tawen dikenal warga sebagai sosok yang menyenangkan. Di usia senjanya, Nenek Tawen dikenal menyenangkan dan selalu aktif di rumah. Hanya saja, kalau lelah, memang Nenek Tawen memilih berdiam diri duduk di kursi favoritnya.

"Nenek Tawen sangat menyenangkan. Selalu bercanda, siapapun yang bertemu dengan dirinya dipastikan tertawa. Dia juga aktif dalam berkegiatan keseharian," tambah Mujiono, yang juga tetangga sekaligus Kepala Desa Kalimas.(detiknews.com)