Video Becak Masuk Jalur Tol Viral di Media Sosial, Terungkap Kenapa Bisa Lolos di Pintu Masuk

Infomenia.net -  Sebuah video yang menampilkan pengendara becak membawa dua penumpang melintas di jalur tol Surabaya-Gresik viral di media s...


Infomenia.net - 
Sebuah video yang menampilkan pengendara becak membawa dua penumpang melintas di jalur tol Surabaya-Gresik viral di media sosial. 

Dalam video berdurasi 60 detik itu, petugas tol dibuat kaget dengan ulah seorang tukang becak yang membawa dua penumpang tersebut. 

Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR) Andjar Hari Sutoto mengatakan, pengemudi becak tersebut sengaja melewati jalur tol karena menganggap di masa libur Lebaran jalur tol tampak sepi. 

"Jadi, memang ada unsur kesengajaan, karena ini tol sepi, terus dia coba-coba lewat tol. Memang tujuannya ke situ, Margomulyo," kata Andjar, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (15/5/2021). 

Usut punya usut, tukang becak yang membawa dua penumpang itu ternyata masih satu keluarga. 

Mereka melintas lewat jalur tol karena lebih dekat menuju daerah tujuan. 

"Setelah kami tanyakan, sopir dan penumpangnya ternyata satu keluarga, mereka mudik lokal," ujar dia. 



Andjar mengatakan, pengayuh becak itu masuk dari jalur terbuka di kawasan jalur tol Surabaya-Gresik. 

Becak tersebut masuk dari Dupak (KM 0+000) menuju Gerbang Tol Tandes Timur 1 (KM 2+900) pada Jumat (14/5/2021) pukul 11.15 WIB. 

Jalur Tol Dupak atau segmen Dupak-Tandes memang menggunakan sistem terbuka, artinya tidak ada pintu gerbang tol di sana. 

"Kalau yang becak, itu dia masuk jalur tol terbuka, waktu masuk enggak ada penghalang, baru di pintu keluar becak itu kami berikan pengarahan agar tidak mengulangi lagi. Kami catat KTP-nya," kata dia. 

Di jalur tol tersebut, becak yang mengangkut 2 penumpang telah mengayuh becak sepanjang 2,6 kilo dan keluar di exit Tol Tandes Timur 1, tepatnya di KM 2+900. 

Di pintu keluar itu, pengayuh becak beserta penumpangnya diberi pengarahan, edukasi agar tidak mengulangi perbuatan yang sama di kemudian hari.

"Kami nasihati, kami catat identitasnya, KTP-nya, dan kami lepas," tutur dia. 

Sebelumnya diberitakan, petugas Tol Surabaya-Gresik dikejutkan dengan seorang tukang becak yang menghampirinya. 

Dalam sebuah video dengan durasi sekitar 60 detik itu, terlihat seorang pria tengah mengayuh becak dengan membawa dua orang penumpang. 

Pengayuh becak itu tampak begitu santai menghampiri petugas yang sudah menantinya di pintu tol Surabaya-Gresik. 

Sesampainya di pintu tol, petugas pintu tol langsung menegurnya lantaran telah melintas di jalur yang bukan pada tempatnya.(tribunnews.com)