Seorang Netizen Berspekulasi Bahwa Hakim Suparman Nyompa Aslinya Mau Membebaskan MRS, Begini Katanya

Infomenia.net -  Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur Suparman Nyompa menarik perhatian warga dalam putusan kasus Habib Rizie...


Infomenia.net - 
Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur Suparman Nyompa menarik perhatian warga dalam putusan kasus Habib Rizieq Shihab (HRS). 

Pasalnya, dia membaca faktor-faktor yang meringankan Habib Rizieq selama persidangan. Diantaranya adalah status Habib Rizieq yang merupakan guru besar agama Islam yang jujur dalam persidangan. 

Kini, sebagai Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa yang membacakan putusan, Habib Rizieq sudah bebas dari larangan berorganisasi. 

Salah satu tuntutan jaksa penuntut umum di perguruan tinggi hakim, Habib Rizieq, dicabut haknya untuk memimpin organisasi kemasyarakatan. 

Dalam pemeriksaan majelis yang dibacakan Suparman Nyompa, hakim menolak permintaan jaksa. 

Alasan dari majelis hakim, ormas adalah hak bagi setiap warga negara untuk berkumpul berserikat serta menyampaikan pendapat yang mana hal tersebut dijamin konstitusi. 

Sehingga banyak netizen yang penasaran dengan sosok Hakim Suparman Nyompa. Apa latar belakangnya dan kenapa berani meringankan kalimat Habib Rizieq Cs. 

Sekarang ada yang yakin lho, bahwa aslinya Hakim Suparman mau vonis bebas untuk Habib Rizieq, tapi syaratnya ribet. Karena itu, Hakim Suparman diyakini hanya bisa meringankan hukuman pimpinan FPI. 

“Gw yakin beliau sebenarya mau vonis bebas karna sadar bahwa yg terjadi pada HRS adalah kebencian politis dari lawan2 politiknya yg jadi penguasa saat ini,” tulis akun Twitter dengan nama @kafiradikalis dikutip Jumat 28 Mei 2021. 

Mengapa Hakim Suparman tidak menjamin pembebasan Habib Rizieq, menurut keyakinan narasi yang merugikan ini, bisa jadi ada tekanan dari luar pengadilan. 

“Tapi beliau dalam tekanan berat…Kalo divonis bebas maka yg jadi musuh’y adalah wercok,” tulis akun tersebut. 

Wercok merupakan singkatan dari istilah wereng coklat yang merupakan polisi. 

Informasi tentang Suparman Nyompa dengan cepat sampai ke publik. Salah satunya Suparman yang mendirikan pesantren gratis di Sulawesi Selatan, dinamai Pesantren Al Hadi Al Islami yang terletak di Desa Sogi, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. 

tangkapan layar twitter dari akun @kafiradikalis 

Di akun Facebook Pondok Pesantren Al Hadi Al Islami, Suparman memperlihatkan beberapa foto dirinya sedang beraktivitas di sekitar kompleks pesantren. 

Mengikuti jejak Hakim Suparman saat memverifikasi kasus tersebut, salah satu yang menjadi perhatian adalah hukuman mati raja narkoba internasional Amiruddin Rahman alias Aco. 

Kemarin, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Habib Rizieq Cs 8 bulan penjara. 

Selain Habib Rizieq, yang divonis 8 bulan penjara adalah Haris Ubaidillah, Sobri Lubis, Alwi Alatas, Idrus dan Maman Suryadi untuk kasus yang sama.(kabarbesuki.pikiran-rakyat.com)