Profil Letjen TNI Ganip Warsito yang Akan Dilantik Jadi Kepala BNPB, Pengganti Doni Monardo

Infomenia.net -   Letjen Ganip Warsito akan dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen Doni Mo...


Infomenia.net -
 
Letjen Ganip Warsito akan dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Letjen Doni Monardo. Saat ini Ganip dimutasi sebagai Kasum TNI sejak 26 Januari 2021.

Ganip lahir di Magelang pada 23 November 1963. Dia merupakan lulusan Akmil 1986. Awal karier militernya, Ganip ditempatkan di Yonif 527/Baladibya Yudha.

Saat berpangkat mayor jenderal, Ganip pernah menjabat Pangdam XII/Merdeka pada 2016 sampai 2018. Kemudian jadi Asops Panglima TNI pada 2019.

Sebelum menjadi Kasum TNI, Ganip menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Markas Kogabwilhan III berada di Biak, Papua, dengan wilayah meliputi Pulau Maluku dan Pulau Papua.

Ganip diketahui beberapa kali terlibat dalam penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air. Seperti yang terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021, dia, yang telah menjabat sebagai Kasum TNI, turut serta melepas tenaga kesehatan Polri yang bertindak sebagai vaksinator dan tracer. Kegiatan itu juga dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Diketahui, Presiden Jokowi akan melantik Kasum TNI Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB menggantikan Doni Monardo. Pelantikan akan digelar pagi ini.

"Benar," ujar Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah kepada wartawan, Selasa (25/5/2021).

Egy mengatakan pelantikan akan berlangsung pukul 10.30 WIB di Istana Negara. Belum ada penjelasan lebih lanjut terkait penggantian Doni Monardo.(detiknews.com)