Pembalap Moto3 Jason Dupasquier Wafat, Ini Penjelasan MotoGP

Infomenia.net -  Pembalap tim CarXpert PruestelGP Moto3, Jason Dupasquier, meninggal dunia pada hari ini, Minggu, 30 Mei 2021, setelah menga...


Infomenia.net - 
Pembalap tim CarXpert PruestelGP Moto3, Jason Dupasquier, meninggal dunia pada hari ini, Minggu, 30 Mei 2021, setelah mengalami kecelakaan parah dari sesi kualifikasi Moto3 Italia 2021 kemarin.

"Menyusul insiden serius di sesi Kualifikasi 2 Moto3 di Gran Premio d'Italia Oakley, dengan sangat sedih kami melaporkan kepergian rider Moto3 Jason Dupasquier. Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang terkasih Dupasquier," tulis MotoGP dalam keterangan resminya hari ini.

Insiden mengerikan ini terjadi di tukungan 9 Sirkuit Mugello, Italia. Kecelakaan melibatkan dua pembalap lainnya, yakni Ayumu Sasaki (Red Bull KTM Tech 3) dan Jeremy Alcoba (Indonesian Racing Gresini Moto3).

Kronologi bermula saat Dupasquier terjatuh di tikungan 9 dan Sasaki yang berada di belakangnya menabrak Dupasquier hingga membuat Sasaki terpental. Kemudian Alcoba yang berada di belakang Sasaki menabrak motor Dupasquier hingga membuatnya terjatuh juga.

Insiden crash fatal ini membuat bendera merah berkibar di penghujung sesi kualifikasi Moto3. Tim medis pun bergerak cepat untuk menangani ketiga pembalap yang terlibat kecelakaan tersebut.

Setelah beberapa waktu diumumkan, Sasaki dan Alcoba dinyatakan dalam keadaan baik dan tidak mengalami cedera serius. Sementara Jason Dupasquier harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami cedera yang serius.

Kabar terbaru yang disampaikan di laman MotoGP, Minggu, 30 Mei 2021, setelah sehari menjalani perawatan di Rumah Sakit Careggi, Florence, Pembalap asal Swiss dinyatakan meninggal dunia.

Dalam keterangan resminya, FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports selaku promotor Moto3, mengungkapkan belangsungkawa dan kesedihan mendalam atas kepergian pembalap muda Jason Dupasquier.

Jason Dupasquier telah menunjukkan penampilan yang mengesankan selama seri awal Moto3 2021. Pembalap berusia 19 tahun ini secara konsisten selalu mencetak poin dan saat ini berada di posisi 12 klasemen sementara Moto3 2021, dengan perolehan 27 poin.

Ride in Peace, Jason Dupasquier!(tempo.co)