Keluarga: Kalau Trio Meninggal karena AstraZeneca, Pemerintah Harus Berani Akui

Infomenia.net -  Keluarga pemuda 22 tahun asal Jakarta Timur, Trio Fauqi Virdaus, yang wafat sehari usai divaksin AstraZeneca sudah memberik...


Infomenia.net - 
Keluarga pemuda 22 tahun asal Jakarta Timur, Trio Fauqi Virdaus, yang wafat sehari usai divaksin AstraZeneca sudah memberikan izin autopsi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti kematian Trio.

Mereka berharap proses autopsi bisa berjalan transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Sehingga apabila terbukti Trio wafat karena vaksin AstraZeneca, keluarga meminta pemerintah berani mengakui.

"Harapannya akibat kematian ini jelas sebabnya apa, yang kita mau tahu kan itu. Tapi kalau memang ini benar karena akibat vaksin, ya saya rasa pemerintah harus berani mengakuinya. Makanya saya minta proses autopsi ini berjalan transparan, enggak ada yang ditutup-tutupi," kata Kakak Trio, Viki, kepada kumparan, Selasa (18/5).

Sebagai informasi, Komnas KIPI, Dinkes, Kemenkes, dan Komda DKI mendatangi rumah keluarga Trio pada Senin (17/5). Mereka berkunjung dalam rangka silaturahmi dan belangsungkawa, sekaligus meminta izin untuk mengautopsi Trio.

Viki mengatakan, Komnas KIPI telah menjelaskan kepada keluarga apabila data-data saat ini tak cukup untuk menentukan penyebab kematian, sehingga Trio harus diautopsi.


Ia menekankan keluarga menyambut baik permintaan ini dan ikhlas. Sebab sedari awal, memang kejelasan penyebab kematian Trio yang diinginkan keluarga.

Tetapi, keluarga berharap pemerintah akan memakai vaksin lain apabila hasil autopsi menunjukkan Trio wafat akibat vaksin AstraZeneca. Namun di sisi lain, Viki mengaku pasrah dengan keputusan pemerintah.

"Mungkin kalau benar [Trio wafat] karena vaksin [AstraZeneca] keluarga minta jenis vaksin yang lain. Itu kalau keluarga. Tapi kalau untuk program pemerintah ya, paling kita hanya kasih masukan, dan masyarakat yang akan memutuskan itu semua," tutur dia.

"Ya artinya peserta vaksin mau apa enggak menggunakan vaksin AstraZeneca, kalau memang terbukti [Trio wafat] karena vaksin AstraZeneca," pungkasnya.(kumparan.com)