Jubir Presiden Sebut Bipang Ambawang Bukan Babi Panggang Tapi Jipang Makanan dari Beras

Infomenia.net -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai blunder menyebut babi panggang (Bipang) Ambawang asal Kalimantan bisa dijadikan ol...


Infomenia.net - 
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai blunder menyebut babi panggang (Bipang) Ambawang asal Kalimantan bisa dijadikan oleh-oleh kulener khas buat lebaran Idul Fitri. 

Pernyataan Jokowi itu disampaikan saat memberikan sambutan perayaan 'Hari Bangga Buatan Indonesia' yang dirayakan pada 5 Mei 2021 atau 05.05 seperti yang dikutip Indozone dari akun Youtube Kementrian Perdagangan, Sabtu (8/5/2021).

Namun Juru Bicara Presiden, Fajroel Rachman menilai Jokowi tidak salah menyebutkan kuliner Bipang, dia mengatakan kalau Bipang adalah jipang yang merupakan makanan khas dari beras. 

Namun netizen menyebut kalau pernyataan jubir Presiden itu hanya ngeles, pasalnya masyarakat juga tidak bodoh karena salah mendengar apayang disampaikan presiden.   

"Jubir Presiden Fadjroel Rachman NGELES Bipang Yang Dimaksud Jokowi Bukan Babi Panggang Tapi Kue Jipang dari Beras, Dikira Masyarakat Bodoh?," sebut akun Twitter @maspiyuaja.

Sebelumnya pidato promosi kuliner khas daerah Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menjadi viral dan diperbincangkan di media sosial dan masuk dalam trending topic di Twitter.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyebut beberapa jenis makanan khas daerah yang bisa dibeli online oleh masyarakat untuk mengobati kerinduan karena tak bisa mudik di Lebaran kali ini.

Tak ada yang salah dengan promosi tersebut hingga tiba saat Jokowi menyebut satu kuliner bernama bipang ambawang yang merupakan makanan khas Kalimantan.

"Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," kata Jokowi dalam video tersebut.(indozone.id)