Ternyata Ini Alasannya, Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Bisa Dianggap Ilegal di Korea Selatan

Infomenia.net -  Pernikahan selebritis Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang sebenarnya telah kandas sejak tahun lalu, kini kembali mencuri pe...


Infomenia.net - 
Pernikahan selebritis Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang sebenarnya telah kandas sejak tahun lalu, kini kembali mencuri perhatian netizen. 

Netizen kembali tertarik dengan cerita Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang pernah dikenal sebagai Song-Song Couple ini lantaran pernikahan keduanya bisa jadi dianggap ilegal. 

Betul sekali! Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo bakalan dicap ilegal jika mereka menikah 16 tahun yang lalu. 

Dikutip Tasikmalaya.Pikiran-Rakyat.com dari laman Koreaboo, sekitar 16 tahun yang lalu, hukum yang berlaku di Korea Selatan melarang rakyatnya yang bermarga sama untuk saling menikah.               

Seperti diketahui, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo memiliki nama marga yang sama, yaitu Song. 

Penjelasan lebih jelasnya dari hukum yang pernah berlaku di Korea Selatan mengenai larangan pernikahan antar orang yang memiliki marga yang sama adalah sebagai berikut. 

Orang yang memiliki nama marga ‘Kim’ sebenarnya berasal dari 282 klan yang berbeda. 

Kebanyakan ‘Kim’ berasal dari provinsi Gyeongsang dan Gyeongju. 

Diatur di bawah hukum Korea Selatan Ayat 809, Kim yang berasal dari Gimhae boleh menikahi Kim dari Gyeongju tetapi tidak boleh menikahi sesama Gimhae lainnya yang tercatat ada sebanyak 4 juta jiwa. 

Namun sekarang, hukum larangan menikah dengan orang yang memiliki marga sama tidak lagi berlaku lantaran memicu masalah. 

Orang Korea Selatan saat ini kebanyakan bertemu dengan orang yang memiliki nama marga dan berasal dari klan yang sama lalu saling jatuh cinta. 

Jika hanya karena jatuh cinta lalu berakhir dipenjara, maka hal inilah yang membuat warga Korea Selatan protes hingga akhirnya hukum pernikahan satu marga tersebut pun dicabut. 

Pada tahun 1997, larangan menikah satu marga dianulir dari hukum Korea Selatan. 

Sebelumnya, hukum tersebut sudah pernah ditiadakan sebanyak tiga kali dalam selang waktu 40 tahun sebelum tahun 1997. 

Dalam selang waktu 40 tahun tersebut, tercatat ada sekitar 200 ribu pasangan dengan marga yang sama menikah secara resmi. 

Baru pada tahun 2005 lalu, ayat 809 dari hukum Korea Selatan yang mengatur pernikahan semarga benar-benar dihapuskan. 

Dengan dihapuskannya hukum tersebut, pasangan satu marga dari klan yang sama diperbolehkan untuk menikah selama mereka tidak sedarah. 

Jadi pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo pada tahun 2017 lalu pun tidak dinyatakan ilegal. 

Sayangnya, pasangan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo hanya menikah selama setahun delapan bulan saja karena Song-Song Couple telah resmi bercerai di bulan Juli 2019 lalu.(pikiran-rakyat.tasikmalaya.com)