Soal Penggunaan Speaker dan Toa Masjid, Habib Abubakar Assegaf: Haram Jika Mengganggu Orang Lain

Infomenia.net -  Habib Abubakar Assegaf memberikan penjelasan soal penggunaan speaker masjid untuk kegiatan peribadahan.  Hal tersebut menan...


Infomenia.net - 
Habib Abubakar Assegaf memberikan penjelasan soal penggunaan speaker masjid untuk kegiatan peribadahan. 

Hal tersebut menanggapi cuitan warganet yang merasa terganggu dengan penggunaan speaker masjid. 

Warganet itu merasa dilema untuk protes atau melapor terkait penggunaan speaker masjid tersebut. Dia pun meminta penjelasan soal hukum penggunaan speaker masjid untuk peribadahan. 

Habib Abubakar Assegaf menegaskan bahwa kegiatan ibadah haram hukumnya jika sudah mengganggu orang lain. 

“Kegiatan ibadah tidak boleh atau haram jika mengganggu aktifitas org lain, mungkin ada yang sakit atau bayi yang lagi tidur, ibu-ibu yang istirahat untuk mempersiapkan sahur,” kata Habib Abubakar Assegaf sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Twitter @abubakarsegaf pada Jumat, 23 April 2021. 

Lebih lanjut, Habib Abubakar Assegaf menyampaikan seharusnya penggunaan speaker masjid dibatasi. 

Habib Abubakar Assegaf mencontohkan setelah tarawih seharusnya memakai speaker dalam dan dipelankan. 

“Harusnya dibatasi saja, setelah tarawih cukup pakai speaker dalam dan dipelankan sekiranya tidak keluar terdengar sampai ke sekitar masjid,” tutur Habib Abubakar Assegaf. 

Selain warganet, ternyata belum lama ini artis Zaskia Adya Mecca mengaku resah dengan aksi membangunkan sahur lewat pengeras suara atau toa masjid. 

Melalui Instagramnya, Zaskia Adya Mecca mengunggah sebuah video yang merekam aksi seseorang yang membangunkan sahur dari toa masjid. 

Zaskia Adya Mecca pun nampak risih dan menilai aksi tersebut tidak etis.

Lantas, Zaskia Adya Mecca pun menanyakan, apakah cara membangunkan sahur seperti itu bisa dikatakan sesuai etika. 

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Terus etis nggak sih pake toa masjid bangunin model gini??" kata Zaskia Adya Mecca, sebagaimana dikutip dari Instagram @zaskiaadyamecca pada Kamis, 22 April 2021.

Istri sutradara Hanung Bramantyo itu sangat menyayangkan ulah beberapa oknum yang membangunkan sahur dengan cara teriak-teriak menggunakan pengeras suara dari Masjid.

Zaskia Mecca pun turut menyinggung letak toleransi antarumat beragama yang ada di Indonesia. 

"Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan sahur?!" ujar perempuan berusia 33 tahun itu.

Dengan kejadian itu, ia mengaku bingung dengan cara membangunkan sahur yang konon sedang hits itu, bahkan pada awalnya Zaskia Adya Mecca mengaku kaget mendengar suara membangunkan sahur yang seperti itu.(bekasi.pikiran-rakyat.com)