Menyentuh! Inilah Kisah Milliarder Asal Ceko Saat Masih Hidup yang Bikin Hati Terenyuh

Infomenia.net -  Miliarder Petr Kellner tewas kecelakaan helikopter saat berada di Alaska beberapa waktu lalu. Dia merupakan orang terkaya d...


Infomenia.net - 
Miliarder Petr Kellner tewas kecelakaan helikopter saat berada di Alaska beberapa waktu lalu. Dia merupakan orang terkaya di Ceko dengan harta mencapai 17,5 miliar dolar AS atau setara Rp245 triliun. 

Dikutip dari Bloomberg, Minggu (4/4/2021), Kellner lahir dan besar di Liberec pada 1964 saat negaranya masih bernama Cekoslowakia. Dia menempuh pendidikan sarjana ekonomi di Universitas Praha dan lulus pada 1986. 

Setelah Revolusi Velvet yang menandai kejatuhan Partai Komunis pada 1989, Kellner bekerja di perusahaan importir mesin fotokopi Ricoh. Saat itu, dia menjadi agen penjual alias sales di perusahaan tersebut. 

Perubahan sistem ekonomi negaranya menciptakan peluang bagi Kellner menjadi pengusaha. Dia bertemu dengan Milan Maderyc dan Milan Vinkler yang kemudian membentuk lembaga investasi yang disebut Prvni Privatizacni Fond (PPF).  

Banyak aset negara yang dijual kepada masyarakat seiring jatuhnya komunisme. Lembaga tersebut sukses menguasai saham lebih dari 200 perusahaan dengan nilai valuasi mencapai 5 miliar koruna. Akuisisi itu termasuk membeli 20 persen saham perusahaan asuransi terbesar di Ceko, Ceska Pojistovna. 

Saat ini, PFF memiliki banyak perusahaan yang bergerak di sektor jasa keuangan, telekomunikasi, media, serta bioteknologi. Kellner hingga ajalnya menguasai 98,93 persen saham perusahaan dengan valuasi mencapai 52 miliar dolar AS. 

Salah satu anak perusahaan PFF yaitu Home Credit yang berdiri pada 1997 yang kini menjadi salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Eropa, terutama Eropa Tengah dan Timur. Perusahaan ini aktif berekspansi ke Asia, termasuk China dan Indonesia. 

Bersama istrinya Renata, Kellner juga membentuk Kellner Family Foundation. Yayasan tersebut banyak menyumbang di sektor pendidikan, kesehatan, serta budaya. 

"Di atas segalanya, dia adalah orang yang sangat mencintai keluarga. Dia selama ini banyak menghabiskan waktu untuk keluarganya dan dia begitu mencintai anak-anaknya," kata CEO Home Credit, Jean-Pascal Duiveusart. 

Kini, Kellner telah tiada. Pria yang tahun ini berusia 57 tahun itu meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter yang menewaskan lima orang termasuk pilot pada akhir pekan lalu.(inews.id)