Mendadak Jokowi Disorot Pengamat Asing, Komentarnya Menohok Pol!

Infomenia.net -  Pernyataan Presiden Joko Widodo soal pembangunan ibu kota baru mendadak disorot pengamat asing.  Adalah Aaron L Connelly, s...


Infomenia.net - 
Pernyataan Presiden Joko Widodo soal pembangunan ibu kota baru mendadak disorot pengamat asing. 

Adalah Aaron L Connelly, seorang spesialis kajian politik Asia Tenggara dan kebijakan luar negeri yang memberikan komentar menohok soal rencana tersebut.  

Pengamat asing itu mengakui gagasan Jokowi begitu spektakuler. Akan tetapi, dia mempertanyakan sumber pembiayaan dari pembangunan ibu kota baru tersebut. 

“Patut dipertanyakan apakah Indonesia mampu membayar USD32 miliar setelah pandemi,” kata Aaron seperti dikutip GenPI.co dari Twitter-nya pada Senin (5/4). 

Aaron memang mempertanyakan sumber dan kesanggupan Indonesia dalam hal anggaran. 

Namun, jika itu tersedia, pengamat asing itu tak habis pikir lantaran uang sebesar itu sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain. 

Sebab, anggaran itu bisa membantu menyelesaikan permasalahan lain di Jakarta. 

“Secara realistis dengan pendanaan untuk program pemerintah tahun ini yang sudah habis, sulit untuk membayangkan proyek ini sudah terbangun sebelum Jokowi turun pada 2024,” katanya. 

Penghitungan batas waktu sebelum periode Jokowi selesai ini bukan tanpa alasan. 

Sebab, bukan tidak mungkin presiden selanjutnya akan mau melanjutkan pembangunan tersebut.  

Sebelumnya, Jokowi membagikan sebuah cuitan di Twitter yang menjelaskan pradesain bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru. 

Desain ikonik itu dirancang oleh seniman Nyoman Nuarta. Jokowi juga menginformasikan bahwa pihaknya masih menerima masukan-masukan lain terhadap pradesain tersebut.(genpi.co)