Media Asing Soroti Fenomena Awan Kapal Selam Menyerupai KRI Nanggala-402: Langit Juga Bersedih

Infomenia.net -  Tenggelamnya KRI Nanggala-402 milik TNI AL di perairan Bali menyisakan duka mendalam bagi segenap warga Indonesia. KRI Nang...


Infomenia.net - 
Tenggelamnya KRI Nanggala-402 milik TNI AL di perairan Bali menyisakan duka mendalam bagi segenap warga Indonesia.

KRI Nanggala-402 awalnya hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021.

Namun naas, usai lebih dari 72 jam pencarian, KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dengan seluruh awak kapal yang berjumlah 53 orang gugur saat bertugas. 

Pengumuman memilukan soal nasib awak kapal KRI Nanggala-402 disampaikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. 

Tidak Meledak, TNI AL Temukan Torpedo KRI Nanggala-402 di Kedalaman 853 Meter ANTARA FOTO (Fikri Yusuf)/Instagram@endanksoekamti 

Bahkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sempat menjeda pengumumannya, menahan duka atas tragedi yang menimpa KRI Nanggala-402.

53 awak kapal KRI Nanggala-402 yang dinyatakan gugur saat bertugas sedang menjalankan misi latihan tempur menembakan torpedo saat kecelakaan terjadi. 

Namun, bak pertanda dari langit, pada Rabu 28 April 2021, akun Instagram @denpasar.viral membagikan video yang diunggah akun Instagram @andrawan_ari yang dibagikan pada sehari sebelumnya, Selasa, 27 April 2021.

Dalam video yang diunggah, terlihat sebuah fenomena awan yang tak biasa.

Bertuliskan lokasi Pantai Matahari Terbit, Sanur Bali, dalam video tersebut terlihat dengan jelas, bentuk awan yang menyerupai gambar kapal selam. 

Perekam video tersebut Arik Andrawan, mengaku tak sengaja merekam video itu p pada Minggu 25 April 2021.

Dilansir Zonajakarta.com dari Potensi Bandung, awalnya Arik bersama temannya sedang menikmati fenomena matahari terbit di Pantai Matahari Terbit. Dia lalu merekam momen matahari terbit tersebut melalui ponselnya.                

Viral sebuah video menunjukkan fenomena alam awan berbentuk kapal selam. Netizen mengaitkannya dengan tragedi KRI Nanggala 402.* Tangkapan layar Instagram @andrawan_ari 

"Saya ambil video itu pas tanggal 25, di mana kapal Nanggala -402 di temukan. Saya enggak sengaja bikin video itu," kata dia saat dihubungi. 

Saat merekam, ia tak melihat ada penampakan mirip kapal.

Namun ia kaget ketika melihat ulang rekaman ada penampakan mirip kapal. Penampakan itu terekam sekitar 5 detik.

Pemberitaan tentang awan menyerupai kapal selam KRI Nanggala-402 juga membuat heboh media asing. 

Dilansir Zonajakarta.com dari Hankook Ilbo, dalam artikel terbitan 29 April 2021, media Korea Selatan itu menyoroti fenomena di langit Bali tersebut.

"Ketika video itu diunggah ke layanan jejaring sosial (SNS), orang-orang mengatakan bahwa itu adalah 'awan yang menyerupai Nangala 402'. 

'Sepertinya kru mengucapkan selamat tinggal', 'Awan mengungkapkan kehilangan dan kesedihan kami,' dan 'Langit juga sedih'," tulis media Hankook Ilbo seperti dikutip Zonajakarta.com.

BMKG sendiri menjelaskan awan yang terlihat seperti kapal selam itu adalah awan Kumulunimbus dan cukup unik karena kebetulan menyerupai kapal selam.(zonajakarta.com)