Lagunya Kerap Dipakai di Program TV Korea Tanpa Izin, Begini Kata Ardhito Pramono

Infomenia.net -  Baru-baru ini, Ardhito Pramono menuliskan curhatan soal lagunya yang sering dipakai di program variety show Korea. Namun sa...


Infomenia.net - 
Baru-baru ini, Ardhito Pramono menuliskan curhatan soal lagunya yang sering dipakai di program variety show Korea. Namun sayangnya, penggunaan lagu tersebut ternyata dilakukan tanpa izin dari Ardhito.  

Ardhito sendiri baru mengetahui hal tersebut setelah mendapatkan laporan dari beberapa warganet. Disebut oleh salah seorang warganet, lagu Ardhito yang berjudul “Bittersweet” sudah beberapa kali dipakai oleh salah satu program variety show.  

“Sering banget dapet info kalo lagu gue dipake sama banyak Korean variety show,” tulis Ardhito di Instagram Stories, Rabu (7/4). “Gak ngerti. Izin enggak, ada omongan aja enggak.”  

Hal itu sebenarnya sudah Ardhito konfirmasikan ke pihak publisher. Sayangnya jawabannya selalu sama. “Kalo udh ngomong ke publisher pasti dijawab, ‘Nanti Kita Cari Yang Pake LaguUuNyaaAa’. Begitu mulu. Kayanya lagu gue udh jd public domain di Korea. Seperti: ‘FREE BMG MUSIC FOR YOUR EATING SHOW’,” tulis Ardhito.  

Ardhito sendiri sebenarnya senang lagunya didengarkan oleh orang-orang di luar Indonesia. Namun lama-kelamaan, ia merasa kesal lantaran makin banyak lagu yang dipergunakan tanpa izin. “Awalnya seneng, tapi lama lama kok lagu gue kaya overplayed,” pungkas Ardhito.  

Ditambah tak hanya satu program variety show saja, Ardhito ternyata menemukan beberapa program lain yang juga memakai lagunya tanpa izin. karena itu, Ardhito kembali dibuat kesal.   
“Gak cuma disitu, banyak banget variety show bersama dedek bayi yang pakai ‘Say Hello’, ‘Superstar’, ‘925’. Semuanya sih,” beber Ardhito.  

Ardhito pun membandingkan hal tersebut dengan tayangan FTV di Indonesia. Pasalnya pihak FTV disebut meminta izin kepada pemilik lagu untuk lagunya dipakai di tayangan FTV mereka.  


“Seperti ‘Smakin Kukejar, Smakin Kau Jauh’ song yang kita suka lihat di FTV. ITU AJA MINTA IZIN! S4d,” tulis Ardhito dengan menambahkan emotikon tawa.  

Curhatan Ardhito itu rupanya langsung direspons oleh banyak warganet. Ada salah satu warganet yang rupanya meminta Ardhito untuk melaporkan hal tersebut. “Laporin bang,” tulis si warganet.  

Namun Ardhito tampaknya tak ingin memperpanjang masalah. Ia pun mengaku tak ingin mempermasalahkan lagi hal tersebut.  

“Biarkan jadi kemaslahatan umat. Kencanayo (maksudnya: Gwenchanayo yang artinya tidak apa-apa),” tutup penyanyi berusia 25 tahun itu.(kanal247.com)