Hina Warga Bandung di Instagram, Pemuda Ini Minta Maaf

Infomenia.net -  Pemuda yang sempat viral karena menghina warga Bandung dalam unggahan Instagram sudah menyampaikan klarifikasi dan meminta ...


Infomenia.net - 
Pemuda yang sempat viral karena menghina warga Bandung dalam unggahan Instagram sudah menyampaikan klarifikasi dan meminta maaf. Di balik ujaran kebenciannya, rupanya ada unsur kesalahpahaman yang membuat dirinya mengunggah story Instagram dengan kata-kata yang menyinggung. 

Kejadian berawal dari viralnya sebuah video yang memperlihatkan empat orang pemuda yang berusaha menghadang truk untuk menumpang di Jalan Alternatif Sentul, Bogor. Berhubung truk itu melaju dengan kencang, salah seorang di antara mereka tewas di tempat karena tertabrak. Akun dengan nama @teamrrq.mtl pun mengunggah ulang video itu di story Instagram dan menambahkan tulisan yang berbunyi, “Oooo, Bandung. Panteslah, otaknya kan di (emoticon badut),”. 

Tanpa disangka oleh yang bersangkutan, unggahannya itu rupanya menjadi viral di media sosial dan dia mendapat kecaman dari berbagai pihak yang merasa tersinggung. Akhirnya, yang bersangkutan pun mengunggah video berisi klarifikasi dan permintaan maaf kepada warga Bandung yang merasa tersinggung. 

“Assalamualaikum wr.wb. Halo untuk semua warga Bandung. Saya minta maaf karena udah ngatain Bandung. Ngatain Bandung otaknya di...ya itulah. Soalnya saya ada dendam ke orang Bandung yang namanya Putra, ngatain Samarinda otaknya #(!&(^$(. Nah, makanya dari situ saya kesel. Saya buat story kayak gitu. Sekali lagi saya minta maaf karena udah ngerasisin orang Bandung ya khususnya. Saya bersumpah tidak akan rasis lagi ke kota-kota lain, khususnya Kota Bandung. Saya minta maaf. Wassalamualaikum wr.wb,” ujar @teamrrq.mtl dalam video klarifikasnya.   

Melalui fitur pesan Instagram, yang bersangkutan pun memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai ujaran kebenciannya. Rupanya, yang bersangkutan salah mengira soal identitas empat pemuda yang berusaha menghadang truk dalam video yang dia unggah ulang. Berhubung banyak akun-akun seputar Kota Bandung yang mengunggah video kecelakaan tersebut, @teamrrq.mtl berpikir, keempat pemuda itu adalah orang Bandung. Padahal, keempat pemuda itu berasal dari Bogor. 

“Saya juga nggak tahu kalo video yangg pemuda demi konten itu dari Bogor, saya lihat akunnya yang nge-post Bandung, maafin juga usudah salah baca caption,” tutur @teamrqq.mtl. 

Permasalahan pribadi menjadi alasan yang membuat dirinya mengunggah ujaran kebencian kepada warga Bandung. Yang bersangkutan memiliki masalah dengan orang Bandung bernama Putra yang menjelek-jelekkan kota asal @teamrrq.mtl sehingga dia pun menyimpan dendam kesumat. Akhirnya, dia berusaha menyindir Putra lewat unggahan Instagram-nya. Sayangnya, berhubung yang bersangkutan mengunggah sindiran itu di ruang publik media sosial, tentunya warganet yang berasal dari Bandung pun tersulut emosinya.(ayobandung.com)