Gus Miftah Tanggapi Ucapan Atta Halilintar soal 'Suara Suami dari Tuhan' yang Banyak Dikecam

Infomenia.net -  Dalam program Kamar Rosi, Gus Miftah menanggapi ucapan Atta Halilintar soal suara suami adalah dari Tuhan.  "Ini rame ...


Infomenia.net - 
Dalam program Kamar Rosi, Gus Miftah menanggapi ucapan Atta Halilintar soal suara suami adalah dari Tuhan. 

"Ini rame karena Atta sempat dikecam mengatakan suara suami adalah suara Tuhan. Ini nasihat dari Gus Miftah?" tanya Rosi pada Gus Miftah, Jumat (16/4/2021).  

Gus Miftah tidak sepakat bila pernyataan itu diucapkan oleh sang suami, yang tak lain Atta. Bahkan, Gus Miftah akan menasihati Atta bila memang ucapan tersebut keluar dari mulutnya. 

"Kalau yang mengatakan suami, konotasinya seolah-olah suami menjajah istri. Suara Tuhan lho ini. Saya belum ketemu sama Atta. Kalau memang itu bahasa dia akan saya nasihati," ujarnya. 

Gus Miftah lebih menyetujui jika ucapan itu keluar dari mulut istri. Mendengar hal itu, Rosi, justru tidak terlalu setuju.  

"Cuma aku gak terlalu setuju juga ya, suami itu kan relasi yang sejajar, jadi selalu ada percakapan begitu. Kalau sudah suara Tuhan, seolah-olah apa pun yang dikatakan suami, istri harus nurut," kata Rosi. 

Menurut Gus Miftah, konteks yang dimaksud adalah supaya istri lebih hormat. Pasalnya, antara hormat dan taat harus dibedakan.  

"Hormat harus didahulukan daripada taat. Siapa pun suamimu, apa pun profesinya, wajib kamu hormati, tetapi tidak harus kamu taati ketika perintah itu bermaksiat. Sebenernya itu bahasa yang tepat," katanya.  

Sebelumnya, pernyataan kontroversial Atta muncul dalam podcast di YouTube The Hermansyah pada 12 Februari 2021, sebelum Atta dan Aurel Hermansyah sah menjadi suami-istri. 

"Kalau sudah berkeluarga, aku sudah kepala keluarga bukan pas waktu tunangan. Izin suami, suara suami adalah dari Tuhan. Kalau aku enggak izin ini, kamu harus nurut, enggak bisa kayak sebelumnya," kata Atta Halilintar. (kompas.tv)