Viral Dewa Kipas vs GothamChess, Grand Master Irene Kharisma Surati Deddy Corbuzier

Infomenia.net -  Dewa Kipas belakangan menjadi pembicaraan publik setelah berhasil mengalahkan pecatur GothamChess di situs Chess.com. Namun...


Infomenia.net - 
Dewa Kipas belakangan menjadi pembicaraan publik setelah berhasil mengalahkan pecatur GothamChess di situs Chess.com. Namun, kemenangan itu dituduh hasil dari bermain curang.

Akibatnya, akun Dewa Kipas di-banned oleh Chess.com dan diserang netizen luar negeri. Netizen Indonesia yang mengetahui Dewa Kipas adalah orang Indonesia yang bernama Dadang Subur, langsung membalas serangan tersebut.

Bahkan, thread Dewa Kipas sempat trending di Twitter. Hingga akhirnya anak dari Dadang, Ali Akbar, menjelaskan kronologi bahwa bapaknya tidak curang dan sudah berdamai dengan GothamChess.

Dewa Kipas yang mencuri perhatian ini pun langsung diundang di podcast Deddy Corbuzier. Dadang yang ditemani anaknya membeberkan bahwa ia tidak curang. Dia juga membuktikan bahwa dirinya memang menguasai permainan catur.

Namun, buntut dari perseteruan Dewa Kipas dengan GothamChess dan munculnya Dadang di podcast Deddy Corbuzier menjadi sorotan Women Grand Master (WGM), Irene Kharisma Sukandar. Irene memberikan surat terbuka kepada Deddy yang ia unggah melalui akun Instagramnya @irene_sukandar.

Irene menjelaskan surat tersebut merupakan kegundahan hatinya terkait polemik yang terjadi di dunia percaturan antara Dewa Kipas dan GothamChess. “Saya tidak menyangka bahwa pemberitaan tentang GothamChees dan Dewa_Kipas akan sebesar ini,” tulis Irene.

Irene menyebut bahwa publikasi tentang Dewa Kipas ini merupakan sesuatu yang positif. Menurutnya, segala bentuk publikasi akan catur adalah suatu keuntungan bagi para insannya.

Namun, ia menilai bahwa lebih banyak sisi negatif dari kasus tersebut. Irene mengungkapkan bahwa kasus tersebut benar-benar merugikan banyak pihak.

“Ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya di mata dunia percaturan internasional,” tegasnya.

Bahkan, lanjut Irene, citra apik yang selama ini dibangun sirna hanya karena pemberitaan kasus Dewa Kipas dengan GothamChees.

“Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk Tanah Air Indonesia yang sangat saya cintai ini sirna karena dampak negatif pemberitaan yang berkembang,” imbuhnya.

Ia pun berharap Deddy Corbuzier bersama dengannya bisa meluruskan berita-berita negatif yang diakibatkan polemik tersebut. “Jikalau Mas Deddy berkenan, mari luruskan hal ini agar tidak berimbas terlalu dalam bagi kami patriot-patriot catur Indonesia,” tutupnya.

Surat terbuka yang diunggah Irene ini juga ditembuskan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olahraga Indonesia (KOI), dan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi).(medcom.id)