Nenek Berusia 76 Tahun Ditinju Mukanya Tanpa Sebab, Diduga karena Rasisme Anti-Asia

Infomenia.net -  Kasus rasisme terhadap orang Asia kembali terjadi di Amerika Serikat. Ada seorang nenek-nenek yang tiba-tiba diserang seora...


Infomenia.net -
 Kasus rasisme terhadap orang Asia kembali terjadi di Amerika Serikat. Ada seorang nenek-nenek yang tiba-tiba diserang seorang pria di San Francisco pada 17 Maret 2021. 

Nenek itu bernama Xiao Zhen Xie (76), yang merasa trauma dan ketakutan setelah ada seorang pria yang meninju matanya saat sedang menunggu di lampu lalu lintas. 

"Sangat trauma, sangat ketakutan dan mata ini masih berdarah," kata nenek Xie yang diterjemahkan oleh anaknya Dong-Mei Li saat dimintai keterangan oleh KPIX 5 pada 17 Maret 2021, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari CBS San Francisco.  

Nenek Xie mengatakan bahwa dia sedang menunggu di lampu lalu lintas ketika ada seorang pemuda yang tiba-tiba meninju mata kirinya. 

John Chen yang merupakan cucu Xie, memberi tahu bahwa neneknya itu mengalami trauma sampai takut untuk keluar rumah lagi. 

Keluarga Xie juga memberi tahu bahwa mereka telah membuat akun GoFundMe untuk membantu biaya pengobatan. 

Polisi San Francisco mengatakan mereka sedang menyelidiki serangan tersebut. 

Saat diserang, nenek Xie kemudian membalas memukul pria yang telah menyerangnya itu. 

Dalam sebuah video yang diambil di tempat kejadian, penyerang nenek Xie diborgol ke tandu dengan wajah berlumuran darah. 

Nenek Xie yang menangis tampak mencaci pria itu saat polisi mengamankan pelaku penyerangan itu. 

Polisi belum mengungkapkan motif penyerangan tersebut dan tidak jelas apakah ras korban ada kaitannya dengan penyerangan tersebut. 

Di hari yang sama pada pagi harinya, petugas kepolisian mengatakan, pria tersebut telah melakukan hal yang sama kepada pria Asia berusia 83 tahun. 

Penyerang yang berusia 39 tahun sekarang sedang diselidiki atas kedua serangan tersebut. 

Kejahatan kebencian terhadap orang Amerika keturunan Asia naik 150% pada tahun 2020, bahkan saat kejahatan kebencian secara keseluruhan menurun. 

Pada bulan Januari, seorang pria berusia 91 tahun didorong sampai tersungkur ke tanah di Oakland Chinatown. 

Lalu, serangan di San Francisco menewaskan Vichar Ratanapakdee yang berusia 94 tahun, sementara serangan lain menewaskan Pak Ho yang berusia 75 tahun di Oakland pekan lalu. 

Baru-baru ini, Danny Yu Chang yang berusia 59 tahun dipukuli dengan parah di San Francisco pada 14 Maret lalu.(pikiran-rakyat.com)