Merugikan Negara Senilai Rp 37 Miliar,Sindikat Pembuat Meterai Rp 10 Ribu Palsu Ditangkap

Infomenia.net -  Sindikat pemalsu meterai dibongkar jajaran Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Sebanyak 7 pelaku berhasil ditangkap. Ka...


Infomenia.net - 
Sindikat pemalsu meterai dibongkar jajaran Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Sebanyak 7 pelaku berhasil ditangkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kasus ini dapat diungkap berkat adanya laporan masyarakat tentang jual beli meterai palsu yang bisa merugikan negara sebesar Rp 37 miliar.

"Total menurut keterangan tersangka sejak 3,5 tahun dia bekerja memalsukan meterai ini kerugian negara sudah sekitar Rp 37 miliar lebih," kata Yusri dalam keterangannya, Rabu (17/3).


Foto: Dok. Istimewa

Yusri mengatakan saat itu Team Garuda Sat Reskrim Polres Kota Bandara Soekarno Hatta menindaklanjuti laporan informasi dari jasa pengiriman barang mengenai adanya pengiriman meterai ke berbagai wilayah di Indonesia.

"Berdasarkan informasi tersebut Team Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta kemudian melakukan penyelidikan terkait hal tidak wajar tersebut yang kemudian mendapati adanya produksi dan peredaran meterai palsu yang dilakukan oleh para tersangka," kata dia.


Foto: Dok. Istimewa

Menurut Yusri, ketujuh pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah Sahrial, Widya Astuti, Sunarko, Bastian, Hendar, Mastianto, dan Asrizal.

Dari tangan pelaku disita puluhan lembar materai Rp 10 ribu palsu. Selain itu, ada pula materai Rp 6 ribu palsu.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat Pasal 253 KUHP dan atau Pasal 257 KUHP dan atau Pasal 24 dan Pasal 25 UU RI Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Bea Meterai.(kumparan.com)