Makan 4 Bungkus Garam Tanpa Air, Tiktoker Indonesia Jadi Sorotan Media Asing

Infomenia.net -  Aksi Tiktoker Indonesia memakan 4 bungkus garam tanpa air, ternyata ikut mengundang sorotan media asing. Salah satunya adal...


Infomenia.net - 
Aksi Tiktoker Indonesia memakan 4 bungkus garam tanpa air, ternyata ikut mengundang sorotan media asing. Salah satunya adalah media populer asal Singapura, Mothership.

Dalam berita yang ditulis Selasa (23/3), Mothership mengulas secara lengkap aksi hingga motif mengapa penggguna TikTok Indonesia ini nekat 'mukbang' garam.

"Seorang Pria Indonesia 'Makan 4 Bungkus Garam Tanpa Air Demi TikTok," tulis Mothership untuk judul artikelnya. 

Di bagian awal tulisan, Mothership memberi peringatan kepada pembaca agar pembacanya tidak meniru apa yang dilakukan oleh Tiktokers Indonesia tersebut. "Jangan mencoba ini di rumah, di sekolah, di tempat kerja, atau di mana pun," tulis reporter Mothership, Karen Lui.

@anggun_supriadi

Balas @anggun_supriadi IG:anggunsupriadi123 #fyp #fyp #trending #viral #viral6

♬ original sound - anggun✨

Lui kemudian menjelaskan bahwa aksi makan garam itu mulanya diunggah pada 17 Maret 2021 oleh penggguna TikTok dengan akun @anggun_supriadi. Dalam video berdurasi 41 detik itu, @anggun_supriadi benar mengunyah empat bungkus garam tanpa mengonsumsi air sama sekali.

Lui juga menyebut bahwa aksi itu dilakukan setelah @anggun_supriadi ditantang oleh seseorang untuk menghabiskan empat bungkus garam. Jika berhasil, ia bakal memperoleh uang senilai Rp30 juta.

"Video dimulai dengan seorang narator tak terlihat yang berada di luar frame, mendorong nampan berisi empat bungkus garam dan setumpuk uang tunai berkata, 'Jika kamu bisa menghabiskan empat kantong garam, saya akan memberimu 30 juta rupiah."

"Setelah melihat isi nampan dari dekat, Anggun menjawab, 'Oke, kalau begitu saya akan makan empat bungkus ini tanpa minum (air) sama sekali," tulis Lui.

Lui, secara mendetail, juga mendeskripsikan aksi @anggun_supriadi, di antaranya termasuk raut wajah @anggun_supriadi yang berkerut hingga bagaimana bubuk garam selalu keluar dari mulut setiap kali ia melahapnya. 

Setelah menyertakan video @anggun_supriadi untuk mendukung liputannya, Lui bergegas memberi tahu tanggapan warganet. Itu termasuk bagaimana video mukbang garam dari @anggun_supriadi kini telah berhasil menuai 1,5 juta suka hingga 54 ribu komentar.

"Sebagian besar komentar dalam Bahasa Indonesia dengan komentar teratas diterjemahkan menjadi:

"Menunggu dokter menanggapi video ini" 

"Demi uang, Anda mengorbankan tubuh Anda," tulis Liu.

Setelahnya, Liu kembali memberi peringatan kepada pembacanya. Namun, kali ini, Liu tampak memberi tahu bahwa tidak semua yang ada di internet itu nyata.

Dalam kasus mukbang garam ini, Liu pun terlihat memberi analisis bahwa video @anggun_supriadi itu mungkin saja adalah rekayasa.

Dikatakan pula bahwa tumpukan uang mungkin hanyalah properti untuk videonya, dan @anggun_supriadi mungkin tidak benar-benar memenangkan uang Rp30 juta.

Disebutkan juga bagaimana dalam aksinya itu, @anggun_supriadi mungkin tidak makan garam asli, melainkan zat lain. Terlebih, teknologi canggih saat ini mampu merekayasa banyak hal.

"Perlu dicatat bahwa makan makanan dengan cara yang ekstrem dengan imbalan uang tunai tampaknya menjadi narasi standar yang dianut Anggun untuk sebagian besar video TikTok-nya. Ini berarti bahwa tumpukan uang tunai mungkin hanya menjadi properti untuk tujuan pembuatan video tersebut, dan bukan karena Anggun benar-benar memenangkan imbalannya."

"Kemudahan teknologi di ujung jari kita juga menyulitkan kita untuk mengetahui apakah ini trik editing, atau apakah TikToker itu telah mengganti 'garam' dengan zat lain. Tantangan makanan lain yang telah dia lakukan termasuk memakan kepala sapi hingga ke tulang dan delapan cabai Carolina Reaper yang dikenal sebagai cabai terpanas di dunia," tulis Liu sembari menambahkan bagaimana hingga tulisannya dibuat, @anggun_supriadi telah memiliki 3,2 juta pengikut.(akurat.co)