Ini 8 Pecatur Indonesia yang Berhasil Kalahkan GothamChess di Chess.com

Infomenia.net -  Perseteruan antara GothamChess dan Dewa Kipas alias Dadang Subur kini melahirkan sebuah fakta baru. Ternyata, kekalahan pri...


Infomenia.net - 
Perseteruan antara GothamChess dan Dewa Kipas alias Dadang Subur kini melahirkan sebuah fakta baru. Ternyata, kekalahan pria bernama asli Levy Rozman itu bukanlah kali pertama didapatkannya dari pecatur asal Indonesia.

Menurut data yang dikeluarkan oleh pengamat catur nasional dan internasional sekaligus ahli teknologi informasi PB Percasi, MN Heri Darmanto, GothamChess setidaknya telah mengalami kekalahan sebanyak 31 kali dari 8 pecatur Indonesia yang berbeda.

Heri juga menjelaskan bahwa data-data pecatur Indonesia yang pernah mengalahkan GothamChess di Chess.com bisa kita akses dengan mudah.

"Kita bisa melihat itu asalkan sudah register di layanan Chess.com. Setelah itu baru bisa mengaksesnya. Semua pengguna bisa melihat data itu. Karena ya memang dari sananya tidak dikunci. publik bisa melihat langsung," kata Heri saat dihubungi kumparan, Rabu (17/3).

Berikut kami sajikan daftar 8 akun pecatur Indonesia yang pernah mengalahkan GothamChess di situs Chess.com:


1. Akun Dewa_Kipas (Dadang Subur)

Akun Dewa Kipas yang dimiliki oleh pria asal Bandung, Dadang Subur mengalahkan GothamChess sebanyak 1 kali. Meski hanya sekali, kekalahan tersebut membawa perseteruan panas di kancah catur nasional dan internasional.

Menurut catatan Chess.com pada awal Maret lalu, Dadang berhasil memenangi pertandingan versus GothamChess hanya dalam tempo 10 menit dengan 35 langkah saja.

2. Akun bocah_sakit (GM Novendra Priasmoro)

Di urutan kedua ada nama Grand Master (GM) Novendra Priasmoro. Tak tanggung-tanggung, Novendra sukses mempecundangi GothamChess sebanyak 9 kali. Torehan tersebut sekaligus menjadi yang terbanyak dari 8 akun yang ada di daftar kali ini.

Wajar saja, pasalnya Novendra Priasmoro juga pernah menorehkan dua prestasi sekaligus dalam turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Republik Ceko pada Februari 2020 lalu.

Novendra sukses meraih gelar Grand Master (GM) sekaligus menjuarai turnamen tersebut. Dirinya menjadi GM kedelapan Indonesia setelah Susanto Megaranto yang menjadi GM pada 2004.

3. Akun rurep26 (FM Masruri Rahman)

Selanjutnya ada nama FIDE Master (FM) Masruri Rahman yang juga pernah mengalahkan GothamChess di situs Chess.com. Pecatur Indonesia yang menjadi FM sejak 2014 itu tercatat pernah mengalahkan GothamChess sebanyak 7 kali.

Torehan yang dicatatkan oleh Masruri Rahman ini sekaligus membuat dirinya menduduki posisi kedua pecatur Indonesia yang terbanyak mengalahkan pecatur asal AS, Levy Rozman alias GothamChess.

4. Akun gilbert_gm (IM Gilbert Elroy Tarigan)

International Master (IM) Gilbert Elroy Tarigan tercatat pernah mengalahkan GothamChess sebanyak dua kali di situs Chess.com.

Meski terbilang masih muda, Gilbert tak bisa dipandang sebelah mata. Dilansir dari situs resmi Federasi Catur Dunia atau FIDE, pecatur berusia 18 tahun itu mendapatkan gelar IM pada 2014 lalu.

Selain itu, Gilbert juga tercatat pernah mendapatkan satu medali emas dalam ajang Kejuaraan Catur Remaja Asia Timur yang digelar di Bangkok, Thailand pada 2019.

5. Akun agus_k (FM Agus Kurniawan)

Di urutan kelima ada nama FIDE Master (FM) Agus Kurniawan dengan catatan 4 kali kemenangan atas GothamChess di situs Chess.com. Sama seperti FM Masruri Rahman, Agus juga memperoleh gelar FM pada 2014 lalu.

6. Akun ChelsieMonica (WIM Chelsie Monica)

Tak mau kalah, ada juga pecatur wanita yang masuk dalam daftar berikut ini. Dia adalah Woman International Master (WIM) Chelsie Monica. Chelsie tercatat pernah mengalahkan GothamChess sebanyak 4 kali.

Selain gelar WIM, wanita kelahiran 1995 ini juga memiliki dua gelar lainnya, yaitu Woman Candidate Master (WCM) dan Woman FIDE Master (WFM) yang pernah diraihnya pada 2008 dan 2010.
        

7. Akun siciliannaga (FM Arif Abdul Hafiz)

Berikutnya ada FIDE Master (FM) Arif Abdul Hafiz yang tercatat pernah mengalahkan GothamChess sebanyak 3 kali. Dilansir dari situs resmi Federasi Catur Dunia atau FIDE, pria kelahiran 1999 ini berhasil mendapatkan gelar FM pada 2011.

8. Akun KnightDuta (Satria Duta)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Satria Duta. Bermain dengan nama akun KnightDuta, dirinya tercatat sukses mengalahkan GothamChess sebanyak 1 kali. Jumlah tersebut sama dengan yang ditorehkan pemilik akun Dewa Kipas alias Dadang Subur.(kumparan.com)