Dulu Paling Laris Kini Avanza dan Xenia Malah Bahaya Buat Konsumen, Ini Sebabnya

Infomenia.net - Pihak Toyota dan Daihatsu telah menyampaikan informasi jika beberapa jenis brand mobil kenamaan dan terlaris mereka, harus m...


Infomenia.net -
Pihak Toyota dan Daihatsu telah menyampaikan informasi jika beberapa jenis brand mobil kenamaan dan terlaris mereka, harus mengalami penarikan kembali atau recall. 

Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan dari pengguna mobil dari Toyota dan Daihatsu. 

Recall ini dilakukan karena pihak PT. Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mendapati masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar. 

Adanya permasalahan ini, dapat memberikan pengaruh buruk bagi kinerja pengereman. 

Sementara itu, seperti yang disampaikan oleh Bambang Supriyadi yang merupakan Head Product Improvement Astra Daihatsu Motor (ADM), pada hari Kamis, 18 Maret 2021 bahwa, "Hasil investigasi kami itu, adanya pengembangan terhadap impeller pada fuel pump yang mengembang melebihi standar."               

Diketahui jika standar toleransi impeller berada di angka 19 mikron, dan didapati jika impeller mengembang hingga 26 mikron. 

Adanya permasalahan tersebut, Bambang menyampaikan adanya efek atau akibat yang cukup signifikan dari impeller yang mengembang tersebut, pada mesin mobil. 

"Jadi impeller itu mengembang dan mengakibatkan touching dengan cover motor pump menjadi stuck," ucap Bambang. 

"Gejalanya itu mobil akan brebet, tenaga sedikit demi sedikit berkurang lalu kendaraan akan mati, jadi kendaraan tidak mati secara tiba-tiba," kata Bambang. 

Selain ditunjukkan dengan mesin mati saat impeller bermasalah, akibat permasalahan impeller lainnya seperti, mesin sulit dinyalakan, mobil kehilangan tenaga, RPM tidak stabil, dan indikator mesin yang selalu menyala. 

Dikutip dari Antara Otomotif, daftar kendaraan dari Toyota dan Daihatsu yang mengalami recall adalah: 

TOYOTA 

Alphard produksi tahun 2017 - 2018

Corolla produksi tahun 2018

FJ Cruiser produksi tahun 2013 - 2014 

Voxy tahun produksi 2018 - 2019

Kijang Innova tahun produksi 2018 - 2019

Fortuner tahun produksi 2018 - 2019 

Hilux tahun produksi 2019

Avanza tahun produksi 2017 - 2019

Rush tahun produksi 2017 - 2019 

DAIHATSU 

Great dan Grand New Xenia yang diproduksi 2017 - 2019

All-New Terios tahun produksi 2017 – 2019

All New Sirion diproduksi tahun 2018 – 2019 

Untuk menangani permasalahan ini, pihak konsumen juga harus bertindak aktif. Berikut adalah cara mengetahui dan memeriksa mobil Daihatsu dan Toyota Anda yang kena recall. 

Kunjungi laman resmi Toyota 

Kunjungi laman resmi Daihatsu 

(Konsumen kemudian diminta untuk memasukkan nomor rangka, kemudian muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall(pikiran-rakyat.com)