Dewa Kipas Kalah, Gotham Chess Buka Blokir Youtube di Indonesia

Infomenia.net -  Levy Rozman atau dikenal sebagai GothamChess, komentator sekaligus pemain catur internasional akhirnya membuka blokir kanal...


Infomenia.net - 
Levy Rozman atau dikenal sebagai GothamChess, komentator sekaligus pemain catur internasional akhirnya membuka blokir kanal youtube pribadinya di Indonesia.

Blokir itu dibukanya usai kemenangan Irene Sukandar atas Dewa Kipas (Dadang Subur), yang disiarkan langsung dari akun Youtube Deddy Corbuzier.

Dalam pertarungan yang berhadiah total 300 juta, Irene menang dalam waktu sekitar 4 menit.

Sebelumnya, Gotham Chess yang aktif mengunggah video-video pertandingan catur di kanal YouTube miliknya, memblokir kanal youtubenya di Indonesia karena dibully netizen di Indonesia.

Dia juga mengumumkan telah membuka blokir itu di akun twitter pribadinya.

"Dear Indonesia, Ini merupakan perjalanan yang menyenangkan, tapi sekarang telah berakhir. Anda bisa mempercayai kebenaran atau bersembunyi darinya. Saya akan segera membuka kembali saluran YouTube saya. Jangan ragu untuk menikmati video saya sehingga Anda bisa mengalahkan teman Anda dalam catur. Damai dan cinta," tulisnya.

GothamChess sebelumnya pernah dikalahkan oleh Dewa Kipas dalam pertandingan pada 2 Maret 2021. Setelah kekalahan itu, akun Dewa Kipas diblokir oleh Chess.com, dan akhirnya netizen menyalahkan Gotham Chess sebagai penyebab diblokirnya akun tersebut.

Kanal Gotham Chess sendiri saat ini memiliki 763.000 subscriber.

Rozman lahir di Brooklyn, New York pada tanggal 5 Desember 1995 dan tinggal di New York dan New Jersey. Ia mulai bermain catur pada usia 6 tahun sebagai kegiatan ekstrakurikuler dan memasuki turnamen pertamanya pada usia 7 tahun.

Rozman meraih gelar Master Nasional pada tahun 2011 melalui Federasi Catur AS, Master FIDE pada tahun 2016, dan Master Internasional pada tahun 2018. Rozman adalah pelatih catur terpelajar selama sepuluh tahun.

Rozman kerap melakukan streaming di Twitch dan memposting video di YouTube. Dia adalah salah satu dari 6 saluran catur teratas di YouTube. Dia bekerja sama dengan Chess.com dan telah menjadi bagian dari kemitraan streaming mereka sejak 2017.[9] Rozman adalah komentator reguler untuk platform tersebut, menganalisis turnamen seperti PogChamps dan Turnamen Kandidat 2020.

Seperti banyak tokoh catur daring, Rozman mengalami lonjakan pertumbuhan selama pandemi COVID-19, terutama setelah dirilisnya The Queen's Gambit.

Rozman memiliki dua video dengan lebih dari satu juta penayangan: ikhtisar pembukaan instruksional di mana dia membahas cara memainkan Queen's Gambit, dan video di mana dia bermain melawan bot Beth Harmon di Chess.com. Dia telah melakukan penjelasan mendalam tentang game yang dimainkan dalam serial tersebut.

Rozman masuk berita Indonesia pada Maret 2021 saat dikalahkan pecatur Indonesia berinisial Dewa_Kipas. Rozman menduga Dewa_Kipas melakukan kecurangan dan melaporkan akun lawannya ke tim Fairplay Chess.com. Akun Dewa_Kipas kemudian ditutup karena dugaan curang yang menuai simpati dari netizen Indonesia dan mengakibatkan Rozman terganggu di media sosial. Rozman kemudian mengubah akses pribadi di akun media sosialnya dan mengambil jeda singkat dari streaming.

Grand Master Indonesia Irene Kharisma Sukandar dan Asosiasi Catur Indonesia mengecam tindakan netizen Indonesia, menyetujui bahwa tindakan Chess.com sudah tepat dan proporsional(bisnis.com)