Analisa GM Hikaru Nakamura: Dewa Kipas Bukan Pemula, Dia Bisa Catur

Infomenia.net -  Dewa Kipas mendapat perhatian dari Juara Catur Amerika Serikat (AS) 5 kali, GM Hikaru Nakamura. Dia memiliki penilaian ters...


Infomenia.net - 
Dewa Kipas mendapat perhatian dari Juara Catur Amerika Serikat (AS) 5 kali, GM Hikaru Nakamura. Dia memiliki penilaian tersendiri soal kemampuan si pemilik nama asli Dadang Subur.

Pada Rabu (24/3), Nakamura video berjudul "What does Hikaru think about Dewa Kipas' power level?" di kanal YouTube pribadinya. Chess.com juga menaikkan artikel panjang soal Dewa Kipas dan segala polemiknya.

Usai membandingkan performa Dewa Kipas di laga catur online dan offline, Chess.com mengambil kesimpulan bahwa kinerja Dewa Kipas dalam tiga babak duel melawan Irene Kharisma ada pada ELO 1127. Ini boleh dibilang bahwa mereka menilai pria asal Bandung itu sebagai amatiran.

Nakamura justru memiliki pendapat yang berbeda. Setelah membandingkan duel Dewa Kipas kontra GothamChess dan Irene, pecatur yang pernah ada di peringkat dua dunia FIDE tersebut membuat kesimpulannya sendiri.


"Dia (Dewa Kipas) tentu saja bukan seorang pemula. Saya tidak akan bilang bahwa dia [berada di rating ELO] 1400," terang GM Hikaru Nakamura.

"Saya akan sebut 1700-1800. Itulah tebakan saya untuk rating-nya. Namun, saya berpikir dia adalah seseorang yang bisa main catur, dia bukan pemula berdasarkan kebanyakan langkah yang dibuatnya," lanjutnya.

Pendapat Nakamura senada dengan dengan opini dari para profesional catur Indonesia. Dua peraih medali emas SEA Games, WIM Chelsie Monica dan IM Muhammad Lutfi Ali, tak sepakat bahwa Dewa Kipas cuma selevel pos ronda.

Bahkan, GM Susanto Megaranto--pecatur terbaik Indonesia saat ini--dan Hendry Jamal dari Percasi kompak menyebut bahwa Dewa Kipas berada di level 'hampir master'. Namun, kalau ke level nasional, sih, belum.(kumparan.com)