Hasil Hubungan Gelap, Ibu Muda di Kediri Buang Bayinya yang Baru Lahir, Kini Terciduk!

Infomenia.net -  Polisi mengamankan pelaku pembuang bayi yang ditemukan di belakang rumah warga di Kediri pada Rabu (25/11). Pembuang bayi t...


Infomenia.net - 
Polisi mengamankan pelaku pembuang bayi yang ditemukan di belakang rumah warga di Kediri pada Rabu (25/11). Pembuang bayi tak lain adalah ibu bayi itu sendiri.
Pelaku aadalah YGA yang masih berusia 15 tahun. YGA sendiri masih duduk di bangku SMA kelas 1.

"Benar, kemarin malam anggota Satreskrim Polres Kediri berhasil mengamankan terduga pelaku pembuangan bayi. Saat ini masih dalam penyelidikan dan diamankan di Unit PPA Polres Kediri," ujar Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono kepada detikcom, Kamis (26/11/2020).

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar menjelaskan pelaku diamankan saat berada di rumah kerabatnya yang tidak jauh dari lokasi penemuan bayi. Hal itu diketahui setelah penelusuran anggota Opsnal Polres Kediri bersama bidan desa kepada warga sekitar yang sedang hamil.

"Kemarin malam, berdasar penelusuran anggota Opsnal Reskrim dibantu warga dan bidan desa didapati perempuan yang diduga menjadi pelaku pembuangan bayi," ucap Gilang.

Dari hasil pemeriksaan awal petugas, pelaku diduga merasa malu memiliki bayi di luar hubungan nikah hingga akhirnya tega membuang bayinya sendiri. Selain pelaku, polisi juga mengamankan laki-laki yang merupakan ayah dari bayi itu, yakni IRH (19), warga Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

Pelaku pembuang bayi dan kekasihnya diamankan (Foto: Andhika Dwi Saputra)



Saat ini, YGA dan IRH diamankan di Unit PPA Satreskrim Polres Kediri untuk pemeriksaan lebih lanjut. Keduanya dijerat pasal 77B jo 76 B UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Sebelumnya, Sesosok bayi laki-laki ditemukan di area belakang rumah warga Dusun Sawahan, Desa Payaman Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri Rabu (25/11) kemarin sore. Saat ditemukan, kondisi bayi masih lengkap dengan ari-ari, tanpa baju, tanpa alas, dan tanpa selimut di antara rerumputan.


Dikira Kucing Bertengkar, Bayi Terbuang Ditemukan Menangis di Kediri

Saat bayi dibawa ke rumah warga (Foto: Istimewa)



 Sesosok bayi ditemukan di halaman belakang rumah warga di Dusun Sawahan, Desa Payaman Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Bayi tersebut kondisinya masih hidup.
Adalah halaman belakang rumah Nurul Khotimah (40) tempat bayi itu ditemukan. Saat ditemukan, bayi tersebut masih ada ari-arinya. Bayi itu dibiarkan tergeletak di tengah semak semak dan di antara pohon pisang dengan kondisi telanjang.

Bayi ini pertama kali ditemukan oleh Sugianto warga desa setempat, pada Rabu (25/11/2020) pukul 15.00 WIB. Saat itu Sugianto mendengar suara menyerupai kucing bertengkar di halaman belakang rumah Nurul Khotimah.


Penasaran, ia berlari ke belakang. Ia terkejut saat menemukan bayi yang baru lahir tanpa sehelai pakaian tergeletak di semak-semak.

Mengetahui hal tersebut, Sugianto berlari meminta bantuan ke sejumlah warga untuk menolong dan membawa bayi agar segera mendapat perawatan medis.

Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar membenarkan kejadian tersebut. Anggota Opsnal Reskrim dan olah TKP langsung melakukan identifikasi lokasi penemuan bayi.


"Ada laporan warga menemukan bayi di halaman belakang rumah. Bayi berjenis kelamin laki-laki. Kondisinya sehat. Kami masih melakukan penyelidikan siapa orang tua bayi malang tersebut yang tega membuangnya," ujar Gilang.

Berdasar pantauan dilapangan, saat ini kondisi bayi dalam keadaan baik dan mendapat perawatan dari pihak RSUD Pelem Pare.(detik.com)