Polisi Tangkap 4 Oknum Satpol PP yang Diduga Rampas Uang Pengemis Berkaki Buntung

Infomenia.net - Empat oknum Satpol PP Pemko Batam, yang diduga merampas uang milik pengemis, telah ditangkap polisi. Mereka diamankan ketika...


Infomenia.net - Empat oknum Satpol PP Pemko Batam, yang diduga merampas uang milik pengemis, telah ditangkap polisi.


Mereka diamankan ketika sedang bertugas di Dinsos Batam, Sekupang. Keempat oknum Satpol PP ini merampas uang seorang pengemis di Simpang Lampu Merah UIB, di Baloi, Batam.

Mereka diamankan setelah video yang diunggah di kanal YouTube Ferry Kesuma, viral di media sosial.

"Benar, kami telah mengamankan empat pelaku pemerasan maupun perampasan uang pengemis yang telah viral di media sosial YouTube," kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto, Selasa (20/10/2020) siang, saat ekspos di Mapolda Kepri.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui kalau memang keempat pelaku merupakan anggota Satpol PP Batam, dan salah seorang di antaranya berstatus ASN. Saat ini, para pelaku sedang menjalani pemeriksaan intensif.

"Saat ini keempatnya sedang menjalani pemeriksaan intensif pihak penyidik Dit Reskrimum Polda Kepri. Karena, diduga mereka telah merampas uang pengemis di sekitar Traffic Light UIB Baloi, Minggu (18/10/2020),” kata Kombes Pol Arie.

Satpol PP yang berstatus ASN tadi bertindak sebagai koordinator. Sementara, tiga terduga pelaku lainnya merupakan pegawai honorer yang bertugas di Dinas Sosial Batam. 


Namun, Arie belum bisa memastikan apakah keempat oknum Satpol PP tersebut bersalah atau tidak. Semua akan ditentukan oleh hasil pemeriksaan.

Kendati demikian, Arie mengaku belum bisa memastikan apakah ke empatnya terbukti bersalah ataupun tidak, karena hingga saat ini masih dalam proses pemeriksaan.

Sebelumnya diberitakan, beredar Video menampilkan oknum petugas Dinas Sosial Kota Batam yang diduga mengambil uang pengemis di jalanan.

Video tersebut diunggah oleh akun YouTube Ferry Kesuma dan terjadi di perempatan jalan UIB Baloi pada hari Minggu, 18 Oktober 2020 pukul 11:30 WIB.(Indozone.id)