Viral, Wanita Ungkap Mantan Suami Pilih Cerai Daripada Beri Nafkah Rp 1 Juta

Infomenia.net - TikTok kini dijadikan tempat curhat netizen yang sedang memiliki problema hidup. Seperi cerita wanita satu ini yang belakang...


Infomenia.net - TikTok kini dijadikan tempat curhat netizen yang sedang memiliki problema hidup. Seperi cerita wanita satu ini yang belakangan menjadi perbincangan, karena ia mengungkap bahwa mantan suaminya lebih memilih bercerai daripada harus memberi nafkah Rp 1 juta tiap bulan.

"Punya mantan suami, entah gua keterlaluan apa gimana. Cuma gara-gara gua kasih pilihan. Pilih mundur apa kasih nafkah 1 juta perbulan untuk 2 anak. Karena gua capek udah nikah minta makan sama bokap gua. Dan dia memilih menyerah dan mundur. Dan di situlah cerita ending perceraian terjadi," tulis akun TikTok @khoirohummah, Minggu (20/9/2020).

Hingga Rabu siang (23/9/2020) video viral tersebut sudah dilihat lebih dari 2 juta kali dengan 94 ribu Like dan 6.125 komentar. Netizen pun ada yang ikut geram dengan keputusan suaminya.


"1 juta satu sebulan apa gak kurang? belum lagi proses ngelahirin sama kebutuhan bayii... duhh sehat² yaa," tulis akun TikTok @violinaaa .

"Kebangetan mantan suaminya... 1 juta itu gak cukup padahal... buat aku sendiri aja gak cukup," kata akun @citra_quinn.

Namun ada pula netizen yang justru membela sang suami. Mereka menilai kalau wanita bernama Khoiroh Ummah ini seharusnya ikut membantu perekonomian keluarga.

"Dan mbaknya gak kerja gak bisa apa-apa, sama suami juga gak nurut banyak mbangkang gak hargain suami. Elah mbaknya kalau kurang suami itu dibantu bukan dituntut aja," ujar akun @Anara.

"Lah pas pacaran gimana to mbak? mosok ya pengangguran dinikahin juga..cinta sih cinta..tapi Yo pake logika juga ah gini lak anak yang jadi korban perceraian jadinya," timpal akun @Nyonyae Abrizan.

Saat dihubungi Wolipop pada Rabu (23/9/2020), wanita yang tengah mengandung dan memasuki usia kehamilan 33 minggu ini menceritakan kisah lengkap di balik video TikTok-nya yang viral.

"Aku minta Rp 1 juta karena posisi aku nggak kerja, biasanya aku yang kerja, kalau aku melahirkan nggak ada pemasukan biasa ayah aku yang bantu makan. Berhubung ayah aku sakit, nggak bisa dong aku minta bantuan lagi. Justru aku yang harus bantu, makanya aku nuntut Rp 1 juta biar dia merasakan selama ini makan pakai duit gede bukan cuma Rp 200 ribu yang dia sering kasih dari sisa gaji. Itu pun suka minta lagi untuk ongkos kerja," tuturnya.

Wanita yang biasa disapa Ummah ini akhirnya mencoba menggertak. Dia menantang sang suami untuk memilih, cerai atau menafkahi keluarga dengan uang Rp 1 juta sebulan. Ummah pun awalnya tak benar-benar ingin bercerai.

"Aku gertak, niatnya nggak mau cerai, siapa tau dia jawab iya bakal diusahain atau gimana, tapi dia malah mau disuruh pergi, nggak ada usaha mempertahankan," tambahnya.

Menurut Ummah, mantan suaminya bekerja sebagai kurir ekspedisi. Dia mengeluhkan mantan suaminya yang tak membayarkan iuran BPJS secara untuk sang buah hati. Sang mantan suami juga kerap menunggak iuran.

Ummah menyebut alasannya mengunggah cerita masa lalunya tersebut di TikTok, sebagai sindiran untuk mantan suaminya itu. Sebab setelah bercerai dia pun tak juga membayar iuran BPJS untuk anaknya dan kini sudah menikah lagi.


Khoiroh Ummah yang curhat di TikTok. Foto: Tangkap Layar @khoirohummah.



"Aku tagih via DM (uang bayar BPJS) gak direspon, datang ke rumah mertua, dia sudah pindah karena menikah lagi. Jadi aku bikin video buat nyindir via Whatshap tadinya. Biar orang tahu kelakuan dia gimana sekarang juga sama saja. Tapi jadi viral, yang nggak kenal ikutan tahu," ucapnya.

Hasil pernikahannya dikaruniai dua orang anak yang berusia 3 tahun dan 5 tahun. Ummah mengucapkan alasannya ingin berpisah bukan hanya karena tidak mau menafkahi tapi juga akibat mereka sering cekcok yang berujung pada saling diam.

"Aku minta cerai karena sudah capek menunggu perubahan dia. Dan aku ngerasa dia mampu nafkahi cuma dia nggak mau," tambahnya.

Keduanya menikah pada 2014 dan resmi berpisah 2017. Ummah menuturkan kini dia juga sudah menikah lagi dengan pria idamannya pada 2019.

"Aku sih udah baik-baik aja semenjak punya suami baru, masa-masa sakit hati disia-siakan sudah mulai pudar. Aku sudah menikah lagi pada 2019. Alhamdulillah pernikahan yang sekarang terbilang beruntung, karena suamiku menanggung, anak sambungnya ada 2, menanggung ibu aku pula yang (sekarang) menjanda," ucapnya lega.

Di akhir wawancara, Ummah memberikan pesan bagi suami lainnya agar mau bertanggung jawab dalam rumah tangga jika sudah menikah.

"Aku sih mau kasih pesan khususnya buat kaum suami. Kalau sudah menikah, jangan nyia-nyiain istri anak, mampu atau tidak mampu, setidaknya berusaha, urusan cukup tidak cukup dipikirkan lagi bagaimananya. Kalau sudah jera, banyak kemungkinan laki-laki bertanggung jawab bisa menggantikan posisi dia," tutupnya.(detik.com/artikelasli)