Viral Ospek Virtual Senior Bentak-bentak Mahasiswa Baru, Ini Respon Unesa

Infomenia.net -  Media sosial dihebohkan dengan ospek virtual yang terjadi di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dalam video yang beredar,...


Infomenia.net - 
Media sosial dihebohkan dengan ospek virtual yang terjadi di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dalam video yang beredar, terlihat para senior membentak mahasiswa baru karena tak memakai ikat pinggang.

Rektor Unesa, Nurhasan, membenarkan bahwa peristiwa itu terjadi saat ospek atau Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampusnya dan dia menyayangkan hal tersebut.

"Kami menyayangkan kejadian tersebut, namun juga mengakui adanya kesalahan dalam koordinasi pelaksanaan PKKMB pada salah satu fakultas di Unesa," kata Rektor Unesa Nurhasan dalam keterangan tertulis, Selasa (15/9/2020).
Saat ini, pihak kampus memberikan evaluasi dan bimbingan kepada mahasiswa yang bersangkutan, bersama dengan pimpinan kemahasiswaan dan fakultas.

"Unesa mendukung pelaksanaan PKKMB guna menambah wawasan terkait dunia kampus untuk mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dalam menyukseskan pembelajaran di lingkup pendidikan tinggi tanpa adanya aksi kekerasan dalam bentuk apapun. Sehingga, diharapkan dapat tercipta lingkungan institusi pendidikan yang kondusif dan aman demi terciptanya lulusan berkualitas," jelasnya.


Unesa berjanji akan menjadikan kejadian ini sebagai masukan penting untuk pengelolaan kegiatan mahasiswa ke depannya.

Sebelumnya, komdis ospek FIP Unesa mencak-mencak kepada mahasiswa baru karena tidak memakai ikat pinggang.

"Ikat pinggangmu mana?," tanya salah satu senior.
"Ikat pinggang di perlihatkan!," bentak senior lainnya.
Mahasiswi tersebut hanya bisa menunduk lesu dan meminta maaf karena tidak memakai tali pinggang.

"Maaf kak," kata mahasiswi tersebut.
"Nggak dibaca tata tertibnya?!," kata seorang senior wanita.

Anehnya, dalam tata tertib FIP Unesa yang juga beredar di media sosial, sebenarnya mahasiswa baru dibebaskan hendak memakai ikat pinggang atau tidak.

Setelah video ini viral, banyak klarifikasi dengan template yang sama muncul di Twitter. Isinya adalah penegasan dari mahasiswa baru bahwa mereka tidak mempermasalahkan bentakan dari seniornya tersebut.(indozone.id0