Kronologi Kasus Pekerja JungleLand Keluhkan Tak Digaji 6 Bulan Hingga Senggol Nia Ramadhani

Infomenia.net -  Pekerja Jungle Adventure Theme Park Sentul di bawah PT JungleLand Asia mengeluh karena perusahaan menunggak gaji selama 6 b...


Infomenia.net -  Pekerja Jungle Adventure Theme Park Sentul di bawah PT JungleLand Asia mengeluh karena perusahaan menunggak gaji selama 6 bulan.

Masalah ketenagakerjaan JungleLand mencuat setelah sejumlah pekerja di tempat rekreasi tersebut berkomentar di salah satu unggahan Instagaram Nia Ramadhani @ramadhaniabakrie, istri pengusaha Ardi Bakrie.

Seorang pegawai berinisial RN mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya sudah tak digaji selama enam bulan lebih oleh manajemen. Ia meminta Nia melaporkan masalah tersebut ke keluarga Bakrie, yang merupakan salah satu pemilik saham di Jungleland.


Menurut RN, terhentinya pembayaran gaji dimulai sejak Februari hingga Maret 2020. Setelahnya, ia dan para ranger-sebutan untuk para karyawan JungleLand-menemui pihak manajemen untuk membahas pembayaran gaji.

Sempat dijanjikan pembayaran pada April, namun gaji yang ditunggu-tunggu tak kunjung tiba. Perusahaan justru kembali menunda pembayaran dan berjanji akan melunasinya pada September.

"Kami meeting, akan terelasasikan katanya bulan April dibayarkan. Nah, itu meleset tidak dibayarkan juga. Lalu ada meeting lagi. Katanya, bulan September paling lambat akan di bayarkan. Sekarang sudah mau masuk September akhir. Jadi kami mendongkrak media sosial biar tidak gagal lagi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/9).

RN juga menyebut bahwa ia dan rekan-rekannya sudah mengadu ke Dinas Ketenagakerjaan setempat tetapi nihil hasil. Parahnya, kata dia, perusahaan tenyata juga menunggak iuran BPJS Ketanagakerjaan sejak 2017 hingga 2020. Hingga saat ini, kata RN, tercatat sekitar 345 orang yang bekerja di JungleLand. 

"(Iuran BPJS Ketenagakerjaan) itu tidak pernah di setorkan oleh perusahaan dan paling parah juga THR tahun kemarin kami juga tidak dibayarkan," tandas pria yang bekerja di Jungleland sejak 2017 tersebut.

PT Bakrieland Development (ELTY), entitas usaha Bakri Grup, dalam situs resminya menyebut JungleLand Adventure Theme Park sebagai salah satu bagian dari pengembangan unggulan.

Wahana hiburan yang memiliki luas area 35 Ha itu diklaim sebagai taman rekreasi tematik terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 36 wahana dan atraksi. Tempat ini dimiliki Bakrieland lewat anak usahanya PT Graha Andrasentra (JGLE) yang memiliki 99,99 persen saham PT Jungleland Asia.

Andika Nugraha Bakrie, sepupu Ardi Bakrie, menjabat sebagai komisaris di perusahaan tersebut.

ELTY sendiri menguasai JungleLand Asia lewat JGLE pada Oktober 2014 dengan mengambil kepemilikan dari PT Bukit Jonggol Asri (BJA) dan PT Sentul City Tbk (BKSL) masing-masing 60 persen dan 40 persen.(cnnindonesiacom/artikelasli)