Viral Rektor UNY Curhat Penyalahgunaan UKT oleh Mahasiswa, "Jangan Tipu Orang Tua Kalian!"

Infomenia.net -  Utas yang dibagikan oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. H. Sutrisna Wibawa, M. Pd., kini tengah mend...


Infomenia.net - 
Utas yang dibagikan oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. H. Sutrisna Wibawa, M. Pd., kini tengah mendapat sorotan warganet. Melalui akun Twitternya @sutrisna_wibawa, beliau mengisahkan tentang beberapa orang tua mahasiswa yang memohon keringanan UKT pada pihak kampus. Utasnya ini disukai sebanyak 59 ribu kali dan sudah dibagikan ulang oleh 20 ribu pencuit. 


Para orang tua yang memohon keringanan UKT ini sudah pernah mengajukan beberapa tahun sebelumnya dan mengaku tidak mendapat persetujuan dari pihak kampus. Setelah ditelusuri, para mahasiswa yang dikisahkan itu ternyata sudah mendapatkan pemotongan hingga pembebasan UKT. Namun para mahasiswa ini tidak menyampaikan keringanan biaya UKT tersebut pada orang tua mereka, sehingga orang tua tetap memberikan UKT dengan nominal sepenuhnya. 

Tak sedikit kasus ini terjadi. Beliau menceritakan bahwa ada mahasiswa yang masih meminta uang untuk kuliah praktik pada orang tuanya. Padahal, kampus sedang mengurangi kegiatan langsung dan menggantikan beberapa kuliah praktik dengan kegiatan lain di tengah pandemi. 

Selanjutnya, beliau juga menemukan kasus serupa saat memenuhi undangan wisuda sebuah universitas. Saat itu, ia bertemu dengan sepasang orang tua yang sedang kebingunan di luar gedung penyelenggaraan wisuda. Mereka sedang mencari anaknya yang akan menjadi wisudawan pada hari itu. 

Orang tua tersebut sampai menjual kambing agar bisa menyewa mobil dari kampung demi menghadiri prosesi wisuda si anak. Setelah ditelusuri ke pihak universitas, anak yang bersangkutan rupanya sudah di-drop out dari dua tahun sebelumnya. Namun, si anak masih meminta uang pembayaran UKT dan uang bekal perbulan pada orang tuanya. 

Warganet turut menyampaikan opini mereka soal penyalahgunaan UKT ini. "Kenapa sih udah dapet kesempatan kuliah malah disia-siain gini? Padahal banyak orang diluar sana yang berharap bisa kuliah. Lagian cuma tinggal mikirin kuliahnya aja, perkara uang kan ortu yang urus," ucap @onlyouandmita.(Todayline)