Viral Jajaran Menteri Jokowi Foto Tak Pakai Masker, Ini Kata Menkop Teten

Infomenia.net -  Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki angkat bicara mengenai beredarnya foto beberapa ja...


Infomenia.net - 
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki angkat bicara mengenai beredarnya foto beberapa jajaran kabinet Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang tak mengenakan masker saat Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di Bali.

Teten mengatakan, dirinya bersama beberapa menteri yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan termasuk menggunakan masker sepanjang acara berlangsung.


Namun kata Teten, saat sesi foto berlangsung, masker dibuka untuk sementara atas permintaan sejumlah wartawan.

"Sebenarnya sepanjang acara semua pakai masker, hanya pada saat pengambilan foto saja masker dibuka untuk sementara," ujar Teten saat dikonfirmasi Suara.com, Rabu (26/8/2020).

Teten menegaskan, dirinya bersama para menteri lainnya memahami kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan. Para menteri dan peserta rapat juga takut jika terpapar Covid-19 meski sudah menjalani tes Covid-19.

"Emangnya kami tidak tahu protokol kesehatan? Kami juga takut terpapar Covid-19, meskipun para menteri harus secara reguler di swab dan rapid test," ucapnya.

Bahkan, setiap mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan ataupun menemui Presiden Jokowi, para menteri diharuskan menjalani tes swab.


"Kalau ratas atau ketemu Presiden wajib swab dan hasil swab hanya berlaku tujuh hari, padahal umumnya berlaku 14 hari," katanya.

Sebelumnya, Eks politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi alias Dedek Uki geram dengan beredarnya foto para menteri kabinet pemerintahan Joko Widodo yang tidak mengenakan masker saat Rapat Koordinasi Menteri.


Beberapa foto acara Rapat Koordinasi itu beredar di sosial media. Salah satu foto menunjukkan para menteri duduk berdekatan dan berpose di depan kamera tanpa mengenakan masker.

Di belakang mereka terpampang sebuah backdrop yang bertuliskan "Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) 2020".

Tertulis pula bahwa pertemuan itu diselenggarakan di Bali pada 21-22 Agustus 2020. Foto-foto mereka tanpa mengenakan masker itu langsung menuai sorotan Dedek Uki.


"Atas beredarnya foto ini, pemerintah mestinya malu dengan tidak singkronnya perilaku birokrat di dalam pemerintahan dengan imbauan pemerintah sendiri. Jangan salahkan beredarnya foto, tapi salahkan perilaku!" tulis Dedek Uki lewat Twitter-nya, Minggu (23/8/2020).

Selain menyoroti para menteri yang tidak mengenakan masker, Dedek Uki juga memperingatkan bahwa seharusnya pejabat publik sadar selalu diawasi oleh masyarakat.

"Pejabat publik jangan pernah merasa tidak diawasi apalagi dilihat sebagai contoh perilaku disiplin prokes, karena mereka sendiri yang buat dan menerapkan aturan," sambung Uki.

Sejumlah menteri yang terlihat dalam foto yaitu Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pertanian Syahrul Yasir Limpo.

Ada pula Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Brin Bambang Brodjonegoro, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.(suara.com)