GMKI Protes Nama Ketum Dicatut, Ini Reaksi KAMI

Infomenia.net -   Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) memberikan penjelasan soal tudingan pencatutan nama Ketua Umum Gerakan Mahasis...


Infomenia.net - 
 Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) memberikan penjelasan soal tudingan pencatutan nama Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Korneles Galanjinjinay di acara deklarasi. KAMI menyebut Korneles sendiri yang merapat ke kubu mereka.
"Itu ketuanya sendiri yang datang, Korneles itu, bahkan ikut-ikut di dalam kegiatan kita yang tanggal 10, Korneles," kata Ketua Komite Eksekutif KAMI, Ahmad Yani kepada wartawan, Rabu (19/8/2020).

Yani mengklaim Korneles telah setuju merapat ke KAMI. Namun, dia tak masalah bila Korneles tak hadir di deklarasi.


"Nah itu mekanisme apakah Korneles juga sudah apa, kita enggak tahu. Tapi ketua umumnya juga sudah menyatakan persetujuan. Ya memang yang kemarin tidak hadir enggak ada masalah," ujarnya.


Bila Korneles ingin menarik diri dari koalisi besutan Din Syamsuddin itu, Yani pun tak mempermasalahkan. Yani juga mengatakan yang disebut KAMI saat Deklarasi adalah jabatan Korneles, bukan GMKI secara organisasi.

"Kalau Korneles mau menarik diri juga enggak ada masalah. Karena inikan gerakan moral, kita tidak ada mencatut itu. Yang kita sebut itu Korneles sebagai Ketua Umum GMKI. Bukan GMKI, kita menyebut jabatan si Korneles," ucap Yani.

Soal merapatnya Korneles ke KAMI, hal tersebut tak diketahui Yani apakah telah melalui mekanisme GMKI atau tidak. Dia menyerahkan hal itu ke internal GMKI.

"Kita enggak ngerti, yang jelas kita undang itu yang bersama hadir itu ketuanya. Apakah sudah melalui mekanisme organisasinya, kita enggak paham, itukan urusan internal mereka. Kita undang semua kok organ-organ kemahasiswa itu," imbuh dia.


Sebelumnya, GMKI menyayangkan pencatutan nama Ketua Umum PP GMKI dalam deklarasi KAMI. GMKI menyebut pihaknya memiliki mekanisme organisasi yang jelas.

"Kami sebagai organisasi memiliki aturan mekanisme organisasi yang jelas. Karena itu, kami menyayangkan adanya pencatutan nama Ketua Umum PP GMKI Korneles Galanjinjinay dalam naskah deklarator KAMI," ujar Ketua Bidang Media Komunikasi dan Informasi PP GMKI Benardo Sinambela dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/8).(Detik.com)