Dituding Lecehkan Kaum Tuli, Anang Hermansyah dan Ashanty Beri Klarifikasi dan Minta Maaf

Infomenia.net -  Penyanyi Anang Hermansyah menyampaikan permintaan maaf, atas sikapnya yang dinilai melecehkan kaum tuli. Permintaan maaf it...


Infomenia.net - 
Penyanyi Anang Hermansyah menyampaikan permintaan maaf, atas sikapnya yang dinilai melecehkan kaum tuli. Permintaan maaf itu disampaikan Anang bersama dengan istrinya, Ashanty.

Dalam unggahan akun gosip @lambe_turah terlihat, Anang membuka pernyataan maafnya dengan memakai bahasa isyarat. Kasus dugaan pelecehan ini bermula dari, unggahan seorang netizen dengan nama akun cbudidharma.

Netizen tersebut dalam Insta Story-nya, mengatakan bahwa aksi Anang dalam video di kanal YouTube-nya berjudul "Paraah!! Ashanty dan Aurel Memalukan Dirinya Sendiri Saat Lomba 17an", dinilai sangat menghina kaum tuli.

Dia menyindir bahwa Anang sebagai publik figur tak seharusnya memperagakan bahasa isyarat, yang digunakan oleh kaum tuli.

"Lucu boleh, tapi memperagakan bahasa isyarat? Anda seorang artis dan terkenal, sikap Anda akan mempengaruhi orang lain yang masih awam tentang ini (oh, dia memperagakan Bahasa isyarat seperti ini berarti gak apa2 ya?) Jika tidak mau disebut 'tuna isyarat' maka hormatilah kaum tuli. Terima kasih sudah mendengarkan," tulis netizen tersebut.

Atas tudingan ini, Anang dan Ashanty meminta maaf. Dalam video yang terlihat, Anang dan Ashanty mengatakan bahwa mereka tak ada niat sama sekali untuk melecehkan kaum tuli.

Ashanty dalam video itu mengatakan, mereka ingin meluruskan persepsi yang salah di publik. Ashanty menegaskan bahwa keduanya tak ada niat merendahkan bahkan sampai melecehkan, karena mereka juga memiliki banyak teman-teman dari kaum tuli.

Ashanty menjelaskan, saat itu terjadi cekcok karena suara Anang tak terdengar ketika berbicara ke arah kamera, namun saat itu Ashanty tak mendengar ucapan Anang, karena asyik dengan lomba.

"Jadi ceritanya itu video yang diedit adalah kita sedikit cekcok, karena ketika mas Anang ngobrol ke kamera, terus terus ngobrol, ngobrol sama saya ke kamera saya ga dengerin karena waktu itu lagi lomba," jelas Ashanty.
Ketika Ashanty bergantian ngomong di depan kamera, barulah Anang menggunakan bahasa isyarat dengan maksud memberitahu bukannya untuk mengejek kaum tuli.

Ashanty bahkan sampai bersumpah, bahwa aksi Anang bukannya untuk mengejek kaum tuli.

"Demi Allah dari hati kami yang paling dalam tidak ada sedikitpun niat mengejek atau tidak menghargai atau merendahkan, melecehkan bahasa isyarat justru kita mau support, bahkan kami pun tidak paham bahasa isyarat," jelas Ashanty.