Viral, Tudingan RS di Surabaya Labeli Pasien Positif Covid-19, Akun Twitter @BalqisRrzq Beri Penjelasan

Infomenia.net -  Viral sebuah kicauan di Twitter yang menuding rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur, ngotot menyebut seseorang terjangkit C...

Infomenia.net - Viral sebuah kicauan di Twitter yang menuding rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur, ngotot menyebut seseorang terjangkit Covid-19. Kicauan itu diunggah akun Twitter @BalqisRrzq. 

"Ini, Ayah aku ngetik buat grup keluarga ya. Pas ini posisi ayahku udah minta pulang paksa dan isolasi mandiri di rumah karena HASIL SWAB hampir 3 Minggu Ga KELUAR. Tapi aneh nya rs kekeh kalo ayah positif covid. Pdhal setelah swab dari program BU RISMA ayah 2 kali negativ," tulis akun @BalqisRrzq.


Pemilik akun juga menyertakan dua foto layar ponsel yang menunjukkan percakapan melalui grup WhatsApp.

Dalam percakapan itu disebutkan bahwa Rumah Sakit Wiyung merekayasa hasil tes untuk mendapatkan dana bantuan Rp 200 juta dari pemerintah.


Dalam percakapan juga menuding rumah sakit mendapatkan uang ratusan juta dengan beberapa cara lain. Hingga Senin sore, unggahan itu sudah di-retweet 1.110 kali dan direspons 574 komentar.

Pernyataan rumah sakit 

Saat dikonfirmasi, Humas Rumah Sakit Wiyung Surabaya, Angelia Merry mengaku bingung dengan kicauan tersebut.

"Kalau benar pasien Rumah Sakit Wiyung, namanya siapa, di situ tidak dijelaskan. Kami juga butuh membuka komunikasi langsung jika itu memang pasien kami," ujar dia.

Angelia mengatakan, tidak bisa menjawab tuduhan akun tersebut karena sampai saat ini belum bisa mengonfirmasi pasien yang dimaksud. Bahkan identitas pasien juga belum diketahui pihak rumah sakit. Manajemen rumah sakit masih mempelajari apakah perlu untuk melaporkan pemilik akun tersebut ke pihak berwajib.

"Jika yang dimaksud adalah Rumah Sakit Wiyung, maka itu sudah masuk pencemaran nama baik," ujarnya.  Kompas.com sempat kembali mencoba membuka kicauan tersebut pada Selasa pagi. Namun, unggahan tersebut telah dihapus, begitu juga dengan akun @BalqisRrzq yang tak lagi bisa ditemukan.

Klarifikasi

Melalui akun Twitternya akun @BalqisRrzq memberikan klarifikasi

selamat malam, Saya BALQIS RANARIZQ meminta maaf kepada pihak mayapada management hospital @RSMayapada atas postingan saya yang memberikan infromasi TIDAK BENAR tanpa terlebih dahulu mencari kebenaran (validasi) sumber beritanya.

Maka saya sekali lagi memohon maaf yang sebesar besarnya atas postingan saya tersebut dan sekaligus  klarifikasi dari postingan saya, management mayapada tidak pernah merugikan pihak keluarga saya yang KEBETULAN ayah pernah mengalami sebagai pasien covid.

Dan untuk pihak ketiga lainnya dari rumah sakit yang terkait serta pihak pihak yg merasa dirugikan dengan postingan saya tersebut saya sampaikan juga permohonan maaf atas kesalahan saya. Mohon perhatian dan harap maklum. Terimakasih