Resmi Dibuka, Ini Prosedur Pendaftaran Relawan Vaksin Corona Sinovac

Infomenia.net -  Pendaftaran relawan vaksin Corona Sinovac yang akan dilakukan di Kota Bandung sudah dibuka dengan batas waktu pendaftaran h...

Infomenia.net - 
Pendaftaran relawan vaksin Corona Sinovac yang akan dilakukan di Kota Bandung sudah dibuka dengan batas waktu pendaftaran hingga 31 Agustus 2020. Caranya dengan menghubungi Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung.
Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana mengatakan, ada beberapa prosedur pendaftaran relawan penelitian yang akan dijalani sebelum menjalankan imunisasi.

"Secara singkat prosedur penelitian yang akan dijalani oleh relawan yaitu pertama, relawan akan diberikan penjelasan dan penandatanganan formulir persetujuan partisipasi dalam penelitian, bila setuju," kata Eddy saat dihubungi detikcom, Selasa (28/7/2020).

Setelah itu, dokter peneliti akan menyatakan calon relawan dapat berpartisipasi atau tidak dalam penelitian. Jika disetujui, akan dilakukan prosedur pengacakan.

"Prosedur pengacakan (randomisasi) ini untuk menentukan apakah anda akan mendapatkan vaksin SARS-CoV-2 atau plasebo berupa water for injection," jelasnya.

Dia mengatakan, seorang relawan akan mendapatkan dua dosis vaksin Sinovac atau plasebo pada kunjungan pertama (Hari 0) dan kunjungan kedua (Hari ke 14). Sebelum itu, akan dilakukan pemeriksaan usap atau rapid.

Selama pemeriksaan, sebagian relawan akan diambil sampel darahnya untuk penelitian. Eddy mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengumpulkan sasaran subjek penelitian sebanyak 1.620 orang.

Perihal kapan pemberian imunisasi vaksin pertama, pihaknya masih melakukan pelatihan hingga target sasaran (jumlah relawan) terpenuhi.

"Masih sedang pelatihan-pelatihan dulu, secepatnya. Iya betul (menunggu jumlah relawan terpenuhi)," pungkasnya.(detik.com)