Viral Video Sekda Bondowoso Anggap Covid-19 hanya Opini, Ini Klarifikasinya

Infomenia.net -  Beredar potongan video Sekretaris Daerah Pemkab Bondowoso, Saifullah dalam diskusi yang digelar secara daring.  Dalam ...


Infomenia.net - Beredar potongan video Sekretaris Daerah Pemkab Bondowoso, Saifullah dalam diskusi yang digelar secara daring. 

Dalam video tersebut, Saifullah mengatakan, bahwa Covid-19 adalah opini yang dibangun oleh paradigma dan dia belum pernah bertemu langsung dengan orang terkena Covid-19 yang begitu menakutkan.


Menyikapi video yang viral tersebut, Saifullah mengatakan, pernyataan itu dalam kegiatan dialog yang digelar oleh PC PMII Bondowoso.

Moderator meminta keterangan Pemkab Bondowoso terkait persiapan new normal.


“Kami jawab, Pemkab sudah memberikan pemaparan masing-masing OPD,” kata Saifullah saat dikonfirmasi Kompas.com, via telepon, Kamis (11/6/2020).


Semua OPD sudah diberikan pemahaman persiapan new normal, seperti sektor pariwisata, perdagangan dan lainnya.

Pernyataan tersebut, kata dia, bukan untuk meniadakan Covid-19.

Namun, penanganan agar tidak hanya fokus dan terkonsentrasi pada Covid-19. Sebab, banyak sektor lain yang perlu mendapat perhatian, seperti pertanian.

Terutama pupuk subsidi yang dibutuhkan oleh petani.

Dia mengaku, persoalan E-RDKK pupuk subsidi naik 20 persen ketika ditangani, sehinga pupuk bisa didropping kembali oleh pemerintah pusat.

“Dengan seperti itu, saya memprioritaskan apa yang dibutuhkan masyarakat,” papar dia.

Dia menegaskan, protokol pencegahan Covid-19 tetap harus dipakai oleh masyarakat dalam beraktivitas.


“Jangan berlebihan, Pak Jokowi menyatakan, corona yang menjadi masalah sikap kita,” ungkap dia. Saifullah menegaskan, jangan sampai komitmen pejabat terkait Covid-19 menjadikan masyarakat ketakutan dan terpuruk. Bila sektor lain tidak diperhatikan, perekonomian warga terdampak.

“Itu (video) hanya dipelintir oleh segelintir orang. Saya tetap memberikan pencerahan pada masyarakat cara menghadpai corona, seperti pakai masker,” pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Video Sekda Bondowoso Anggap Covid-19 hanya Opini, Ini Klarifikasinya"