Viral Video Pedagang 'Ludahi Cuanki' Berujung Permintaan Klarifikasi

Infomenia.net -  Sebuah video viral seorang pedagang bakso cuanki di Kembangan, Jakarta Barat, menjadi perbincangan di media sosial. Pedag...

Infomenia.net - Sebuah video viral seorang pedagang bakso cuanki di Kembangan, Jakarta Barat, menjadi perbincangan di media sosial. Pedagang tersebut disangka meludahi bakso cuanki untuk pembelinya.

Kapolsek Kembangan Kompol Imam Setiawan turun tangan menyelidiki video viral tersebut. Polisi kemudian mengamankan pria itu dan membawanya ke Polsek Kembangan.

"Iya itu dari media, kita telusuri. Kita mintai klarifikasi terkait apa yang sudah viral," kata Kompol Imam saat dihubungi detikcom, Kamis (25/6/2020).

Pedagang tersebut diamankan di kontrakannya di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, pada Kamis (25/6) siang. Pria itu sehari-hari memang berkeliling berjualan cuanki di Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

"Karena videonya viral, kita selidiki, kita amankan kemudian kita periksa," imbuhnya.

Imam mengatakan pihaknya tidak menerima laporan dari warga terkait video tersebut. Polisi menyelidiki kejadian itu karena sudah viral di media sosial.

"Ya kami meminta klarifikasi saja karena videonya sudah viral di media sosial. Kita cuma pengen tahu apa sih motifnya," tuturnya.

Saat diklarifikasi, pedagang cuanki itu membantah telah meludahi mangkuk.

"Setelah kita klarifikasi, dia ngakunya nggak ngeludahin," kata Kompol Imam.

Kepada polisi, pedagang cuanki itu mengaku hanya mendekatkan penciumannya ke mangkuk. Ia ingin memastikan apakah mangkuk itu sudah diisi sambal.

"Hasil keterangannya dia mau mastiin, dia mau cium udah ada sambal apa belum," katanya.

Pedagang tersebut beralasan mencium mangkuk tersebut karena kondisi di lokasi saat itu gelap. Untuk diketahui, saat itu pedagang tersebut berjualan di Jalan Perumahan Unilever Kembangan, Meruya Utara, Jakarta Barat, Senin (22/6) magrib.

"Karena kondisinya saat itu gelap dan dari CCTV juga nggak kelihatan buang ludahnya," katanya.

Polisi kemudian memulangkan pedagang itu setelah dimintai klarifikasi. Imam mengatakan pihaknya memulangkan pedagang bakso cuanki tersebut karena tidak terbukti melakukan tindak pidana. Polisi juga tidak menerima laporan warga terkait kejadian itu.


"Pertama, tidak ada unsur pidananya, kemudian juga tidak ada laporan polisi," imbuhnya.


Video tersebut beredar di media sosial. Dalam rekaman CCTV yang beredar itu, tampak pedagang bakso cuanki sedang duduk di bangku kecil sembari membuatkan pesanan.

Dalam video, terlihat pedagang bakso mendekatkan wajahnya ke mangkuk. Video itu kemudian dinarasikan bahwa pedagang bakso cuanki itu meludah di dalam mangkuk pelanggan.

Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Jalan Perumahan Unilever, Kembangan, Meruya Utara, Jakarta Barat, dekat Masjid Al-Muhajirin, pada Senin (22/6) memasuki magrib. Saat itu pembeli meninggalkan pedagang ke dalam rumah. Dalam video itu, pedagang tampak mengenakan topi dan handuk.(detik.com)



Viral Video Tukang Bakso Ludahi Isi Mangkok, Begini Cerita Pembeli

Perbuatan tukang bakso cuanki yang diduga meludahi bakso racikannya viral di media sosial. Tindakan menjijikan itu terjadi di wilayah Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Menurut keterangan korban yang memesan bakso itu, Hikma, peristiwa itu terjadi pada Senin (22/6/2020) petang. Saat itu, dia memesan satu porsi bakso cuanki untuk anak balitanya.

Ia mengetahui tindakan menjijikan pedagang itu saat itu juga lantaran melihat monitor CCTV yang dinyalakan di ruang tamu rumahnya. Adapun CCTV terpasang di teras rumahnya.

"Jadi pas saya pesen itu, saya tunggu di luar abangnya enggak langsung bikin. Akhirnya karena saya masuk dan TV ini kan emang selalu nyala. Saya lihatin dari TV ini kok ada yang aneh, dia kayak ngeludah di mangkuknya," kata Hikma ditemui TribunJakarta.com di rumahnya, Kamis (25/6/2020).

Kendati sudah tahu ada hal aneh yang dilakukan pedagang, Hikma tak berani menegurnya.

Dia tetap membayar seporsi bakso itu.

Namun, setelah pedagang bakso cuanki keliling itu pergi, baksonya langsung dibuang.

"Saya takut mau negur, apalagi suami saya juga belum pulang. Makanya saya tetap bayar, tapi habis itu saya buang," ucapnya.

Hikma mengaku baru kali ini membeli bakso cuanki kepada pedagang tersebut. Dia pun tak mengenal identitas pedagang itu.

"Saya baru sekali beli, tapi kata tetangga sih sering lewat juga kalau malam. Enggak ada yang tahu juga namanya siapa dan tinggalnya di mana," kata Hikma.

Kaget videonya viral di media sosial

Hikma tak menyangka aksi tukang bakso cuanki yang diduga meludahi bakso racikannya bakal viral di media sosial.

Ia bercerita, awalnya dia hanya membagikan video rekaman CCTV itu kepada grup warga agar lebih berhati-hati dan tak alami hal serupa.

"Makanya saya kaget kok ternyata viral. Padahal saya share cuma ke grup WA warga sini aja biar tetangga pada hati-hati," kata Hikma.

Hikma mengatakan, salah satu tetangganya yang kemudian menyebar video tersebut.

"Orangnya juga sudah minta maaf ke saya, enggak tahu kalau ternyata bakalan viral. Dan banyak yang pada nanya kronologi kejadian itu ke saya," kata Hikma.(kompas.com)